Latihan Soal USM STIS 2017/2018 + Pembahasan Lengkap

Latihan Soal USM STIS 2018 + Pembahasan Lengkap – Permasalahan utama yang dialami banyak anak muda di zaman ini adalah pingin kuliah tapi biaya kuliah yang besar dan setelah dapat gelar S1 malah kesulitan cari kerja, bener gak guys? Tapi semua masalah itu bakal diatasi oleh Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau lebih akrab dikenal dengan sebutan STIS. Adik- adik udah tau gak STIS itu apa? Pasti banyak yang belum tau kan, okelah sekarang bakal aku jelasin STIS itu sebenernya apa sih.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV dan D-III, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.

Latihan Soal USM STIS 2018

STIS menyelenggarakan program Diploma Empat (D4) dan Diploma Tiga (D3) yang diterapkan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS). Program D4 ditempuh selama 4 tahun dan program D3 ditempuh dalam waktu 3 tahun. Untuk program D4 terdapat 2 program studi, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik, di mana program studi Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan program D3 STIS akan mendapatkan gelar Ahli Madya Statistik sedangkan lulusan program D4 akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Statistik.

Terdapat 2 (dua) jenis status kemahasiswaan di STIS, yaitu Mahasiswa Ikatan Dinas (ID) dan Mahasiswa Tugas Belajar (TB).

  1. Mahasiswa Ikatan Dinas (ID) merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA (untuk program D4) dan lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS (untuk program D3) yang memenuhi syarat-syarat tertentu dan direkrut melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) STIS yang diadakan setiap tahun. Mahasiswa ID memiliki hak dan kewajiban yang dituangkan dalam bentuk Surat Perjanjian Ikatan Dinas dengan Negara yang dalam hal ini diwakili oleh STIS/BPS. Dalam Surat Perjanjian Ikatan Dinas antara lain disebutkan bahwa selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan dan mahasiswa mendapat tunjangan ikatan dinas (uang saku) sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta setelah lulus dari STIS mahasiswa Ikatan Dinas akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota dan tidak diperbolehkan keluar dari BPS selama 2 (dua) kali masa pendidikan secara berturut-turut.
  2. Mahasiswa Tugas Belajar (TB)merupakan pegawai BPS, Kementerian, BUMN/BUMD, TNI/POLRI, dan Badan-Badan Pemerintah lainnya atau swasta serta mahasiswa asing yang ditugaskan oleh instansi atau negaranya untuk menimba ilmu statistika/komputasi statistik di STIS dan memenuhi syarat-syarat tertentu. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas.

Nah gimana adik-adik? Pasti udah pengen banget ya masuk STIS setelah dengar penjelasanku tadi. Btw aku masuk STIS tahun 2014, waktu dulu itu sainganku sekitar 26 ribu orang seluruh Indonesia dan beruntung aku adalah salah satu dari 500 orang yang beruntung lulus STIS pada waktu itu. Setelah masuk STIS itu emang enak sih ya, cuman untuk lulus USM nya itu yang susah karena harus ngalahin puluhan ribu orang. Mungkin cara yang paling tepat buat lulus STIS itu adalah berusaha berlatih soal-soal USM STIS tahun-tahun sebelumnya, karena semakin banyak kita berlatih maka kita akan semakin terbiasa dalam menghadapi soal USM STIS pada saat seleksi nantinya. Maka dari itu sekarang aku bakal kasi deh Latihan Soal USM STIS 2018 Matematika dan pembahasan soal Matematika USM STIS tahun 2017, sekalian buat bayangan adik-adik soal USM STIS tu kayak gmana sih. Waktu saya tes STIS dulu soal nya terdiri dari 3 bagian yaitu Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum tapi sekarang hanya terdiri dari Matematika dan Bahasa Inggris saja.

Latihan Soal USM STIS 2018 Bagian Matematika

1. Jika frac{x}{y} =frac{3}{2} dan frac{z}{y} =frac{4}{5}, maka frac{x}{z} adalah …

A. frac{8}{15}

B. frac{6}{8}

C. frac{5}{6}

D. frac{6}{5}

E. frac{15}{8}

2. (frac{1}{8})^{-frac{1}{2} } +(frac{1}{27})^{-frac{1}{3} } +(frac{1}{256})^{-frac{1}{4} } =…
A. 7+3sqrt{2}

B. 7+2sqrt{2}

C. 5+3sqrt{2}

D. 5+2sqrt{2}

E. 2+3sqrt{2}

3. Diketahui pecahan frac{x}{y}. Jika x dikurangi 1 dan y ditambah 4, maka hasilnya adalah frac{1}{6}. Jika x ditambah 1 dan y ditambah 3, maka hasilnya adalah …

A. frac{1}{5}

B. frac{1}{3}

C. frac{2}{5}

D. frac{1}{2}

E. frac{3}{5}

4. Penyelesaian pertidaksamaan left|2x+4right|ge left|x+5right| adalah …

A. xle -3 atau xge 1

B. -3le xle 1

C. xle -1 atau xge 3

D. -1le xle 3

E. xge -3

5. Jika f'left(xright) turunan pertama fungsi fleft(xright)=3x^{2} left(1-2xright)^{5}, maka f'left(1right) adalah …

A. 36

B. 30

C. 9

D. -24

E. -36

6. Diketahui f(x)=sqrt{2x-1}. Jika f'left(aright)=f''left(aright), maka nilai a adalah …

A. -1

B. -frac{1}{2}

C. 0

D. frac{1}{2}

E. 1

7. Jika f(x)=2x^{2} +3x+5, maka pernyataan yang benar adalah …

A. grafik f'(x) sejajar sumbu x

B. grafik f'(x) naik

C. grafik f'(x) turun

D. grafik f''(x) naik

E. grafik f''(x) turun

8. Luas lingkaran dengan persamaan grafik x^{2} +y^{2} +4x-6y-12=0 adalah …

A. 5pi

B. 9pi

C. 12pi

D. 16pi

E. 25pi

9. Persamaan dari grafik di samping adalah …

Latihan Soal USM STIS 2018

A. y=x^{2} -2x+2

B. y=x^{2} +2x+1

C. y=x^{2} -2x+1

D. y=x^{2} -2x

E. y=x^{2} +2x

Latihan soal USM STIS 2018

10. Jika 8^{m} =27, maka 2(4^{m} )-2(2^{m)} =...

A. 6

B. 8

C. 12

D. 16

E. 21

    [11. frac{left({}^{5} log 10right)^{2} -left({}^{5} log 2right)^{2} }{{}^{5} log sqrt{20} } =...]

A. frac{1}{2}

B. 1

C. 2

D. 4

E. 5

12. Jika penyelesaian dari persamaan 2^{x^{2} +5x+11} =32^{2x+1} adalah A dan B, maka A+B= …

A. -7

B. -5

C. -1

D. 5

E. 7

13. Jika diketahui {}^{a} log 81-2{}^{a} log 27+{}^{a} log 27+{}^{a} log 243 =6, maka nilai a adalah …

A. 2

B. 3

C. 4

D. 5

E. 6

14. Bilangan bulat terdekat yang tidak lebih besar dari nilai pecahan berikut adalah …

    [frac{1}{frac{1}{72} +frac{1}{73} +frac{1}{74} +frac{1}{75} +frac{1}{76} +frac{1}{77} } ]

A. 11

B. 12

C. 13

D. 14

E. 15

15. Nilai x yang memenuhi persamaan left(sqrt[{3}]{4} right)^{x} =2^{x^{2} } left(sqrt[{3}]{2} right)^{-8} adalah …

A. frac{2}{3}

B. frac{3}{4}

C. frac{4}{3}

D. -frac{4}{3}

E. -2

16. Diketahui perbandingan jumlah penduduk perempuan dan laki-laki di desa A dan desa B masing-masing adalah 6:5 dan 4:3. Jika diketahui jumlah penduduk laki-laki di desa A sebanyak 100 jiwa, dan jumlah penduduk perempuan di desa B sebanyak 80 jiwa, maka jumlah penduduk desa A dan desa B adalah …

A. 160

B. 180

C. 190

D. 360

E. 380

    [17. sqrt{3-sqrt{5} } +sqrt{3+sqrt{5} } =...]

A. 2sqrt{3}

B. sqrt{10}

C. 2sqrt{2}

D. sqrt{11}

E. 2+sqrt{2}

18. Jika P=left[begin{array}{cc} {-1} & {0} \ {0} & {-1} end{array}right] dan I=left[begin{array}{cc} {1} & {0} \ {0} & {1} end{array}right], maka -P^{4} +2P^{3} -3P^{2} +4I=...

A. P

B. 2P

C. 3P

D. I

E. 2I

19. Persegi ABCD memiliki panjang sisi 1 dm, dengan panjang AE = CF. jika luas segitiga DEF frac{7}{16}dm{}^{2}, maka panjang DE adalah … dm.

Latihan Soal USM STIS 2018

A. frac{1}{4} sqrt{2}

B. frac{1}{2} sqrt{2}

C. frac{3}{4} sqrt{2}

D. frac{1}{3} sqrt{2}

E. frac{2}{3} sqrt{2}

Latihan soal USM STIS 2018 dan Pembahasan

20. Diketahui ruang contoh S serta kejadian A, B, dan C berikut:

S = {mobil, bis, kereta api, sepeda, perahu, pesawat terbang, sepeda motor}

A = {bis, kereta api, pesawat terbang}

B = {kereta api, mobil, perahu}

C = {sepeda}

Himpunan left(A^{C} bigcup Bright)bigcap left(A^{C} bigcap C^{C} right) adalah …

A. {sepeda motor, mobil, perahu, kereta api}

B. {kereta api, mobil, perahu}

C. {sepeda motor, mobil, perahu}

D. {mobil, perahu}

E. {sepeda motor}

21. Suatu persegi panjang memiliki perbandingan panjang dan lebar 5 : 4. Jika panjangnya ditambah 20%, sementara lebarnya dikurangi 20%, maka luas persegi panjang adalah …

A. tetap

B. bertambah 40%

C. berkurang 40%

D. bertambah 4%

E. berkurang 4%

22. Diketahui matriks

    [A=[begin{array}{cc} {2} & {0} \ {1} & {1} end{array}]]

    [B=left[begin{array}{cc} {1} & {2} \ {1} & {1} end{array}right]]

    [C=left[begin{array}{cc} {2} & {4} \ {2x} & {x+2y} end{array}right]]

Jika AB = C, maka x — y = …

A. 0

B. 1

C. 2

D. 3

E. 4

23. Jika diketahui persamaan 3+frac{1}{x+frac{1}{y+frac{1}{z} } } =frac{65}{18}, maka nilai xyz adalah …

A. frac{17}{11}

B. frac{17}{15}

C. frac{4}{7}

D. frac{7}{4}

E. frac{11}{17}


A. 5frac{2}{6}

B. 5frac{3}{6}

C. 5frac{5}{6}

D. 6frac{3}{6}

E. 6frac{5}{6}

25. Dalam suatu seminar 40% pesertanya adalah laki-laki. Dari seluruh peserta perempuan 16 orang diantaranya tidak mengenakan batik, dan frac{2}{3} peserta perempuan mengenakan batik. Jumlah peserta seminar seluruhnya adalah …

A. 32 orang

B. 48 orang

C. 64 orang

D. 80 orang

E. 100 orang

26. Jika fleft(frac{1}{x} right)=frac{3x-1}{3x+1}, maka nilai a yang memenuhi fleft(1-aright)=1 adalah …

A. -2

B. -1

C. 0

D. 1

E. 2

27. Nilai maksimum dari z = 3x + 5y yang memenuhi syarat x+2yle 10, x+yle 6, xge 0 dan yge 0 adalah …

A. 16

B. 25

C. 26

D. 30

E. 35

 

28. Jika

Latihan Soal USM STIS 2018

maka daerah hasil untuk left(f+gright)left(xright) adalah …

A. left(-infty ,0right]

B. left(-infty ,0right]bigcup left[1,+infty right)

C. left(-infty ,0right]bigcup left(1,2right)

D. left[0,+infty right)

E. left(-infty ,0right]bigcup left(1,+infty right)

29. Putri berbelanja di Koperasi Mahasiswa (Kopma). Ia membeli 4 buku tulis dan 3 buah pensil dengan harga Rp55.000,-. Nurul jugaberbelanja 2 buah buku tulis dan 4 buah pensil di Kopma dengan harga Rp40.000,-. Jika Nash memiliki uang Rp100.000,- untuk membeli 3 buah buku tulis dan 3 buah pensil di tempat yang sama, maka uang kembalian yang diterima Nash adalah …

A. Rp40.000,-

B. Rp45.000,-

C. Rp50.000,-

D. Rp55.000,-

E. Rp60.000,-

Latihan soal USM STIS

30. Seorang penjahit memiliki 30 m kain yang dapat dibuat baju atau celana. Sebuah celana memerlukan 1,5 m kain dan sebuah baju memerlukan 1m kain. Penjahit tersebut hanya mampu menjahit celana masksimum 10 potong. Jika keuntungan penjualan sebuah celana dan baju masing-masing Rp9.000,- dan Rp7500,-, maka keuntungan maksimum yang dapat diperoleh penjahit tersebut adalah …

A. Rp90.000,-

B. Rp165.000,-

C. Rp202.500,-

D. Rp225.000,-

E. Rp240.000,-

31. Terdapat 4 jenis barang dengan harga terendah Rp120.000,- dan harga tertinggi Rp400,000,-. Rata-rata harga keempat barang tersebut yang mungkin adalah …

A. Rp350.000,-

B. Rp335.000,-

C. Rp325.500,-

D. Rp185.000,-

E. Rp180.000,-

    [32. mathop{lim }limits_{xto infty } (2+frac{2}{2+frac{2}{2+frac{2}{x} } } )=...]

A. frac{3}{8}

B. 2

C. frac{8}{3}

D. 3

E. infty

    [33. mathop{lim }limits_{xto 0} frac{sqrt{1-x} -1}{1-sqrt[{3}]{1-x} } =...]

A. frac{3}{2}

B. frac{2}{3}

C. 0

D. -frac{2}{3}

E. -frac{3}{2}

    [34. mathop{lim }limits_{xto 2} frac{left(x^{2} -5x-6right)sin 2left(x-2right)}{left(x^{2} -x-2right)} =...]

A. -8

B. -5

C. -2

D. frac{3}{4}

E. 5

35. Jika int _{1`}^{2}left(1-2fleft(xright)right)dx=5 dan int _{2`}^{4}left(fleft(xright)-frac{x}{2} right)dx=6, maka int _{1`}^{4}left(fleft(xright)+1right)dx=...

A. 9

B. 10

C. 11

D. 12

E. 14

36. Umur Anto 4 tahun lebih tua dari Budi. Pada saat ini umur Budi dua kali lipat umur Cici. Tiga tahun yang lalu umur Cici setengah dari umur Desi. Dua tahun lagi Budi dan Desi akan manikah, dan pada saat itu umur Anto 30 tahun. Selisih umur Desi dan umur Budi pada saat menikah nanti adalah …

A. Budi empat tahun lebih tua dari Desi

B. Budi dua tahun lebih tua dari Desi

C. Budi dan Desi usianya sama saat menikah

D. Desi lima tahun lebih muda dari Budi

E. Desi tiga tahun lebih muda dari Budi

37. Berat badan Agung dua kali berat badan Beta. Berat badan Beta 60% dari berat badan Cici. Deri mempunyai berat badan 50% dari berat badan Edi. Berat badan Edi 190% dari berat badan Agung. Yang mempunyai berat badan paling ringan adalah …

A. Agung

B. Beta

C. Cici

D. Deri

E. Edi

38. Nilai dari mathop{lim }limits_{nto infty } left(1-frac{1}{2^{2} } right)left(1-frac{1}{3^{2} } right)left(1-frac{1}{4^{2} } right).....left(1-frac{1}{n^{2} } right) adalah …

A. infty

B. 2

C. 1

D. frac{1}{2}

E. frac{1}{4}

Latihan soal USM STIS Matematika

    [39. int 7xleft(3-xright) ^{5} dx=...]

A. frac{1}{6} xleft(3-xright)^{6} +frac{1}{42} left(3-xright)^{7} +c

B. -frac{1}{6} xleft(3-xright)^{6} -frac{1}{42} left(3-xright)^{7} +c

C. -frac{7}{6} xleft(3-xright)^{6} +frac{1}{6} left(3-xright)^{7} +c

D. frac{7}{6} xleft(3-xright)^{6} -frac{1}{6} left(3-xright)^{7} +c

E. -frac{7}{6} xleft(3-xright)^{6} -frac{1}{6} left(3-xright)^{7} +c

    [40. int left(2x-4right)sqrt[{3}]{left(6+4x-x^{2} right)^{5} } dx=...]

A. frac{3}{8} left(x^{2} -4xright)left(6x+2x^{2} -frac{1}{3} x^{3} right)+c

B. -frac{3}{8} left(x^{2} -4xright)left(6x+2x^{2} -frac{1}{3} x^{3} right)+c

C. frac{3}{8} left(6+4x-x^{2} right)^{{raise0.7exhbox{ 8 }!mathord{left/{vphantom{8 3}}right.kern-nulldelimiterspace}!lower0.7exhbox{ 3 }} } +c

D. -frac{3}{8} left(6+4x-x^{2} right)^{{raise0.7exhbox{ 8 }!mathord{left/{vphantom{8 3}}right.kern-nulldelimiterspace}!lower0.7exhbox{ 3 }} } +c

E. -frac{8}{3} left(6+4x-x^{2} right)^{{raise0.7exhbox{ 8 }!mathord{left/{vphantom{8 3}}right.kern-nulldelimiterspace}!lower0.7exhbox{ 3 }} } +c

41. Bowo ingin membeli ponsel dengan harga 2 kali ponsel yang ingin dibeli Chacha. Chacha sudah memiliki uang Rp1.500.000,- dan akan manabung Rp30.000,- per minggu. Sementara Bowo sudah memiliki uang Rp1.000.000,- dan akan mulai menabung Rp100.000,- per minggu. Jika mereka membeli ponsel dalam waktu yang sama, maka harga ponsel yang ingin dibeli Chacha adalah …

A. Rp2.700.000,-

B. Rp3.000.000,-

C. Rp3.300.000,-

D. Rp3.400.000,-

E. Rp3.600.000,-

42. Suatu partikel bergerak lurus dengan kecepatan v = 3t + 2 satuan jarak/detik. Jika pergerakan dimulai dari detik t = 2, maka jarak tempuh pergerakan partikel setelah 4 detik bergerak adalah … satuan jarak

A. 22

B. 28

C. 48

D. 52

E. 56

43. Garis g melewati pusat lingkaran x{}^{2} + y{}^{2} – 4x + 8y + 4 = 0 dan tegak lurus terhadap garis 3x + 4y + 5 = 0. Persamaan garis g adalah …

A. 3y + 4x — 20 = 0

B. 3y – 4x + 20 = 0

C. 3y – 4x — 20 = 0

D. 4x — 3y + 20 = 0

E. 4x — 3y – 20 = 0

44. Diketahui sistem persamaan frac{5}{x-2} +frac{2}{y-3} =8 dan frac{4}{x-2} -frac{2}{y-3} =10. Penyelesaian sistem persamaan tersebut adalah …

A. x=frac{2}{5} ,y=2

B. x=2,y=frac{5}{2}

C. x=frac{5}{2} ,y=2

D. x=2,y=frac{2}{5}

E. x=2,y=5

45. Berikut adalah data jumlah penduduk menurut kelompok umur di suatu wilayah.

Latihan Soal USM STIS 2018

Jika diketahui rata-rata umur penduduk di wilayah tersebut 14 tahun, maka jumlah penduduk kelompok umur 20-24 tahun adalah …

A. 2

B. 3

C. 4

D. 5

E. 6

46. Rata-rata nilai ujian kelas A, kelas B dan gabungan kedua kelas tersebu berturut-turut adalah bar{x}_{A} ,bar{x}_{B} , dan bar{x}. Jika bar{x}_{A} :bar{x}_{B} =10:9 dan bar{x}:bar{x}_{B} =85:81, maka perbandingan banyaknya siswa kelas A dan B adalah …

A. 3 : 4

B. 3 : 5

C. 4 : 5

D. 8 : 9

E. 9 : 10

47. Dari suatu kotak yang terdapat 4 bola merah dan 3 bola biru, dilakukan pengambilan 2 bola tanpa pengembalian. Peluang terambil satu bola merah dan satu bola biru adalah …

A. frac{1}{5}

B. frac{2}{7}

C. frac{3}{10}

D. frac{4}{7}

E. frac{10}{21}

48. Dari 100 orang, 40 orang memelihara kucing, 42 orang memelihara ayam, dan 35 orang memelihara keduanya. Jika satu orang dipilih secara acak, maka peluang ia tidak memelihara kucing maupun ayam adalah ,,,

A. 0,18

B. 0,22

C. 0,25

D. 0,53

E. 0,65

49. Diketahui rata-rata pendapatan 40 karyawan suatu perusahaan adalah 35 ribu rupiah per jam dengan median 48 ribu per jam dan simpangan baku 10 ribu per jam. Jika semua pendapatan karyawan dikalikan dua kemudian dikurangi 15 ribu rupiah, maka pernyataan yang benar adalah …

A. Rata-rata pendapatan karyawan menjadi 70 ribu per jam

B. simpangan baku pendapatan karyawan menjadi 20 ribu per jam

C. rata- rata pendapatan karyawan menjadi 65 ribu rupiah per jam

D. simpangan baku pendapatan karyawan menjadi 5 ribu rupiah per jam

E. median pendapatan karyawan 48 ribu rupiah per jam

Latihan soal USM STIS dan Pembahasan

50. Suatu sekolah menengah membentuk tim yang terdiri dari 4 anak kelas I, 5 anak kelas II, dan 6 anak kelas III. Kemudian akan ditentukan ketua, wakil ketua, dan sekretaris tim. Jika kelas asal ketua tim harus lebih tinggi dari kelas asal wakil ketua dan sekretaris, maka banyaknya kemungkinan susunan tim yang terbentuk adalah …

A. 120

B. 216

C. 231

D. 432

E. 492

51. Peluang seorang mahasiswa lulus mata kuliah statistika adalah 0,7 dan lulus mata kuliah Kalkulus 0,6 serta peluang lulus keduanya 0,55. Peluang seorang mahasiswa tidak lulus kedua mata kuliah tersebut adalah …

A. 0,12

B. 0,25

C. 0,35

D. 0,45

E. 0,75

52. Ingkaran pernyataan “Pada hari Senin sampai Jumat mahasiswa STIS wajib mengenakan sepatu hitam dan kaos kaki putih” adalah …

A. “Selain hari Senin sampai Jumat, mahasiswa STIS tidak wajib mengenakan sepatu hitam dan kaos kaki putih”

B. “Selain hari Senin sampai Jumat, mahasiswa STIS tidak wajib mengenakan sepatu hitam atau kaos kaki putih”

C. “Selain hari Senin sampai Jumat, mahasiswa STIS wajib mengenakan sepatu hitam dan tidak wajib mengenakan kaos kaki putih”

D. “Pada hari Senin sampai Jumat, mahasiswa STIS tidak wajib mengenakan sepatu hitam atau tidak wajib mengenakan kaos kaki putih”

E. “Pada hari Senin sampai Jumat, mahasiswa STIS tidak wajib mengenakan sepatu hitam dan tidak wajib mengenakan kaos kaki putih”

53. Nilai suatu mata pelajaran dari 25 siswa mengikuti deret aritmatika dengan nilai tertinggi 97 dan nilai rata-rata 68. Nilai terendah siswa adalah …

A. 28

B. 37

C. 39

D. 43

E. 45

54. Diketahui barisan tak hingga frac{1}{2} ,left(frac{1}{2} right)^{cos ^{2} x} ,left(frac{1}{2} right)^{cos ^{4} x} ,left(frac{1}{2} right)^{cos ^{6} x} ,.... Jika x=frac{pi }{4} , maka hasil perkalian semua suku barisan tak hingga tersebut adalah …

A. 0

B. frac{1}{4}

C. frac{1}{2}

D. 1

E. infty

55. Persamaan lingkaran x{}^{2} + y{}^{2} — 9 = 0 dan x{}^{2} + y{}^{2} — 10x + 9 = 0 masing-masing berpusat di titik A dan B. Jika tititk C merupakan salah satu titik potong kedua lingkaran tersebut, maka luas segitiga ABC adalah …

Latihan Soal USM STIS 2018

A. 6 satuan luas

B. 7,5 satuan luas

C. 10 satuan luas

D. 12 satuan luas

E. 15 satuan luas

56. Suatu kotak kardus tanpa tutup akan dibuat dari karton berbentuk persegi yang mempunyai sisi 12 cm. Pembuatan kotak dilakukan dengan cara memotong persegi-persegi yang ukurannya sama dari keempat sudutnya, kemudian melipat sisi-sisinya ke atas. Ukuran sisi persegi yang dipotong agar diperoleh kotak kardus dengan volume terbesar adalah …

A. 2 cm

B. 3 cm

C. 4 cm

D. 5 cm

E. 6 cm

57. Dani memiliki 2 kakak kembar Dini dan Dono. Usia Dani a tahun, dan usia kakaknya b tahun, denga a dan b bilangan bulat. Jika perkalian usia ketiganya adalah 320, maka jumlah usia ketiganya adalah …

A. 16

B. 17

C. 19

D. 21

E. 23

58. Kota K terletak 10 km di sebelah utara kota P, sedangkan kota O terletak di sebelah timur kota P sejauh 10 km. Kota N terletak 20 km di sebelah selatan kota O. Kota L terletak 10 km di sebelah selatan kota M yang berjarak 10 km di sebelah timur kota N. Jika Amin berangkat dari kota P dengan mengendarai sepeda motor pada pukul 08.15 menuju kota L dengan kecepatan 60 km/jam, maka Amin sampai di kota L pada pukul …

A. 09.05

B. 09.10

C. 09.15

D. 09.25

E. 09.35

59. Jumlah kelereng Tio dan buah lebih banyak dari kelereng Boni. Jika Tio memberikan tiga buah kelerengnya kepada Boni, maka selisih kelereng mereka sekarang adalah …

A. 1

B. 3

C. 4

D. 5

E. 8

60. “Jika ibu libur, maka adik senang”.

“Jika adik senang, maka adik tersenyum”.

Kesimpulan dari pernyataan tersebut adalah …

A. “Jika ibu tidak libur, maka adik tidak senang”

B. “Jika adik tersenyum, maka ibu libur”

C. “Ibu tidak libur dan adik tidak senang”

D. “Ibu libur dan adik tersenyum”

E. “Jika adik tidak tersenyum, maka ibu tidak libur”

Untuk Latihan soal USM STIS 2018 dan Pembahasannya, adik-adik bisa download langsung di google drive

Latihan Soal dan Pembahasan USM STIS 2018

Kami tunggu di Kampus STIS. Semangat! Semoga Latihan soal USM STIS dan Pembahasan ini bisa bermanfaat dalam persiapan USM STIS 2018.

The post Latihan Soal USM STIS 2017/2018 + Pembahasan Lengkap appeared first on Komentarmu.

4 Keajaiban Air Mawar untuk Kesehatan Tubuh

Air mawar adalah ekstrak cairan yang terbuat dari air dan rendaman kelopak mawar. Biasanya cairan ini digunakan sebagai parfum karena aromanya yang terasa manis. Meski begitu, air mawar juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Berbagai macam manfaat air mawar untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan kulit

Kulit rentan mengalami kerusakan dan penuaan dini akibat paparan sinar UV, bahan kimia, serta polusi. Nah, di sinilah guna air mawar untuk menjaga kesehatan kulit.

Ekstrak mawar alami memiliki sifat antiperadangan yang bisa menenangkan iritasi kulit, misalnya akibat eksim dan rosacea. Terlebih, air estrak mawar bisa mengurangi tampilan garis halus dan keriput di wajah. Tidak mengherankan jika Anda sering menemukan air mawar sebagai bahan toner dan pembersih muka yang banyak dijual di pasaran, bukan?

2. Mengatasi sakit tenggorokan

Saat sakit tenggorokan, Anda biasanya akan diberikan resep antibiotik atau obat-obatan lainnya. Namun, Anda juga bisa mencoba menyeduh kelopak bunga mawar segar untuk dijadikan teh herbal guna mempercepat proses pemulihannya.

Meski belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikan manfaat air mawar ini, namun sifat peradangannya dipercaya ampuh meredakan gejala sakit tenggorokan.   Tapi, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu mengenai penggunaan air bunga mawar untuk mengobati sakit tenggorokan.

3. Menjaga kesehatan otak dan menghilangkan stres

Menghirup aroma mawar bisa membangkitkan kembali mood yang buruk akibat stres harian. Dilansir dari Medical News Today, beragam penelitian menyatakan bahwa air mawar bersifat menenangkan karena kandungan antidepresan dan antikecemasannya.

Harumnya aroma mawar juga dipercaya memicu rasa kantuk dan efek rileksasi untuk menenangkan pikiran.

4. Untuk kesehatan pencernaan

Minum teh herbal mawar juga telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada sistem pencernaan Anda. Air ekstrak mawar bekerja meningkatkan aliran cairan empedu, yangbisa membantu mengatasi gejala keluhan pencernaan umum, termasuk perut kembung dan sakit perut.

Minum air rendaman kelopak mawar juga bisa berfungsi sebagai pencahar untuk memperlancar urusan BAB Anda, sekaligus mencegah sembelit.

Jangan sembarangan pakai. Perhatikan juga beberapa hal berikut ini

Sebelum menggunakan air mawar untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, ada baiknya Anda menguji dulu apakah anda memiliki alergi terhadap air wangi ini. Pasalnya, ada beberapa orang yang ternyata memiliki alergi pada tanaman tertentu.

Coba oleskan sedikit air mawar ke punggung tangan atau belakang telinga Anda. Tunggu selama 24 jam dan perhatikan adakah reaksi alergi yang muncul, seperti kulit memerah, sensasi panas, atau kulit gatal. Jika setelah 24 jam Anda merasa baik-baik saja, ini tandanya Anda boleh menggunakan ekstrak mawar ini secara rutin.

The post 4 Keajaiban Air Mawar untuk Kesehatan Tubuh appeared first on Hello Sehat.

Lowongan Kerja PT Jamkrida Jakarta

LowonganKerjaSatu.Com – Lowongan kerja PT Jamkrida Jakarta mungkin tidak sepopuler pelaksanaan rekrutmen dari perusahaan lain seperti di sektor perbankan ataupun pertambangan. Namun peluang berkarir ini juga menjadi salah satu rekomendasi kami karena syarat yang dibutuhkan tidaklah sulit. Cara melamar pun lumayan mudah, nampaknya gaji pun sesuai UMR. PT. Jamkrida Jakarta, BUMD milik Pemprov DKI yang […]

The post Lowongan Kerja PT Jamkrida Jakarta appeared first on INFO LOWONGAN KERJA TERBARU JANUARI 2018.

Brick Bungalow in Canada Becomes Modern ‘Flipped House’


Flipped House is a two-story residence with a modern, turnkey design located in a neighborhood dominated by more traditional architecture. The team at Atelier RZLBD renovated an existing brick bungalow in Ontario, Canada, and added a second level to the structure.

The project gets its name from its unconventional “flipped” layout. While a typical dwelling keeps all public-facing spaces confined to its main floor, with private areas like bedrooms sequestered upstairs, Flipped House divides its public and private zones on either side of a vertical plane.

As a result, the home’s den, kitchen, dining and living rooms are all located on its street-facing northeast side, while the house’s three bedrooms span both levels of the building’s more secluded southwestern end.


Inside, knotty cedar slats surround the linked kitchen and dining room, wrapping up the side walls and the ceiling above to create a sense of warmth and grandeur. The linked first-floor kitchen and dining room are double-height spaces, which produce a dramatic effect when entering the house.

Upstairs, a flexible family room carries on to a small wooden patio built atop the existing garage. At the other end there is an airy home office providing desk space for two. Information provided by Atelier RZLBD; architectural photography courtesy of Borzu Talaie.

The post Brick Bungalow in Canada Becomes Modern ‘Flipped House’ appeared first on Freshome.com.

Sinopsis About Time Episode 1 – Terakhir (Lee Sang Yoon dan Lee Sung Kyung)

Sinopsis About Time Episode 1 - Terakhir

Sinopsis Drama Korea About Time – About Time merupakan drama Korea terbaru dari tvN yang direncanakan untuk tayang pada tahun 2018 ini. Untuk sementara ini, ada dua aktor dan aktris yang sudah dikonfirmasi menjadi bintang utama dalam drakor About Time ini.

Nama pertama adalah Lee Sang Yoon yang mengawali karirnya di dunia akting pada tahun 2005, yakni saat ia membintangi iklan dari suatu produk. Kemudian ia mulai membintangi serial televisi pada tahun 2007, karirnya semakin membaik sejak tahun 2010 yakni saat ia berhasil memenangkan penghargaan “Best New Actor” berkat aktingnya dalam drakor Home Sweet Home.

Karirnya semakin cemerlang saat ia terlibat dalam drama My Daughter Seo-young (2012) yang mendapatkan rating sebesar 47.6% semasa penayangannya. Hal itu mengangkat nama Lee semakin naik lagi. Setelah itu, Lee tampil dalam beberapa drama seperti Goddess of Fire, Angel Eyes, Liar Game, On the Way to the Airport dan Whisper.

Sedangkan nama kedua adalah aktris sekaligus model, Lee Sung Kyung. Lee Sung Kyung pernah terlibat dalam dua drama populer tahun 2016 yakni Cheeese in the Trap dan Doctors, walaupun dalam kedua kdrama tersebut, Lee hanya memainkan peran yang minor.

Debut pertamanya sebagai pemeran utama datang pada tahun yang sama juga, yakni saat ia membintangi drama Korea bertema olahraga, Weightlifting Fairy Kim Bok-joo. Namun selain dua nama diatas, masih belum diketahui siapa saja yang akan terlibat lagi dalam proyek drama About Time ini.

Pihak tvN mempercayakan kursi sutradara kepada Kim Hyeong Sik yang pernah menangani drama I Am Legend, The Suspicious Housekeeper, Second 20s dan lain – lain. Drama About Time ini akan tayang mulai Mei 2018 pada hari Senin dan Selasa pukul 21.30 menggantikan slot yang sebelumnya diisi oleh A Poem A Day (You Who Forgot Poetry).

Sinopsis Drama Korea About Time

About Time bercerita tentang perempuan yang merupakan seorang musisi. Perempuan ini yang kemungkinan besar diperankan oleh Lee Sung Kyung dapat melihat sisa hidup orang lain. Kemudian ia bertemu dengan seorang pria yang dapat menghentikan waktunya dan pria ini jatuh cinta kepadanya.

Detail Drama Korea About Time

  • Judul : About Time
  • Judul Lain : Meomchoogo Sipeun Soongan: Eobawoottaim / 멈추고 싶은 순간: 어바웃타임
  • Sutradara : Kim Hyeong Sik
  • Penulis :
  • Genre : Drama
  • Channel : tvN
  • Jumlah Episode :
  • Tanggal Tayang : Mei 2018
  • Waktu Tayang : Senin dan Selasa pukul 21.30

Pemeran Drama Korea About Time

Aktor / Aktris Peran
Lee Sang Yoon Lee Do Ha
Lee Sung Kyung Choi Michaela

Link Sinopsis Drama Korea About Time

Sinopsis Drama Korea About Time Episode 1 : Link

Sinopsis Drama Korea About Time Episode 2 : Link

Sinopsis Drama Korea About Time Episode 3 : Link

Sinopsis Drama Korea About Time Episode 4 : Link

Sinopsis Drama Korea About Time Episode 5 : Link

Note: Link sinopsis segera diupdate segera setelah drama ditayangkan

Benarkah Terapi Akupunktur Bisa Membantu Supaya Cepat Hamil?

Mungkin, Anda sudah melakukan berbagai cara untuk mendapatkan momongan. Dari minum berbagai obat, hingga melakukan bermacam-macam terapi, termasuk terapi akupunktur. Banyak orang yang percaya kalau terapi akupuntur bisa atasi masalah kesuburan. Akan tetapi  apakah terapi akupunktur ampuh untuk meningkatkan kesuburan? Apakah masalah kesuburan bisa diatasi dengan melakukan pengobatan alternatif ini?

Perlukah melakukan terapi akupunktur untuk meningkatkan kesuburan?

Terapi akupunktur adalah pengobatan alternatif yang berasal dari Cina yang sudah ada sejak lama. Pengobatan ini menjadi salah satu pilihan favorit bagi sebagian orang, karena dipercaya dapat menyembuhkan dan membantu atasi beberapa gangguan kesehatan. Salah satunya bisa meningkatkan kesuburan.

Namun sebenarnya, sampai saat ini fakta bahwa akupunktur bisa mengatasi masalah kesuburan masih pro dan kontra. Pasalnya belum banyak penelitian ilmiah yang membutktikan terapi akupunktur bisa meningkatkan kesuburan.

Sebagian besar penelitian hanya menyatakan bahwa terapi ini bisa mengatasi stres yang dialami pasangan yang sedang mengalami masalah kesuburan, tapi tidak ditujukan sebagai pengobatan utama dari gangguan ini. Selain itu, dalam beberapa penelitian juga disebutkan bahwa akupuntur dapat memperlancar aliran darah ke bagian rahim, sehingga membantu menebalkan bagian dinding rahim.

Namun, pada studi-studi lainnya, diketahui bahwa akupunktur hanya berdampak sangat sedikit terhadap kesehatan reproduksi wanita. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada wanita yang mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS). Pada penelitian tersebut, tidak ditemukan pengaruh terapi akupunktur terhadap kesuburan.

Maka itu, perlu penelitian lebih lanjut lagi untuk mengetahui pengaruh dari terapi akupunktur ini terhadap masalah kesuburan.

Cara-cara lain untuk meningkatkan kesuburan

Terapi akupunktur tak sepenuhnya bisa atasi masalah kesuburan yang Anda hadapi. Tentunya hal yang utama untuk mengatasi masalah kesuburan yang Anda alami adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ahli. Dengan begitu, Anda mengetahui apa penyebab Anda kesulitan untuk memiliki momongan. Selain itu, ada cara lain yang bisa membantu usaha Anda dalam meningkatkan kesuburan, yaitu:

1. Mengendalikan berat badan

Hal ini tak hanya membantu membuat Anda lebih subur, tetapi juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara umum. Telah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa laki-laki dan wanita yang punya indeks massa tubuh (IMT) di angka normal, cenderung lebih subur.

Untuk mengetahui berapa indeks massa tubuh Anda, silakan isi di Kalkulator Indeks Massa Tubuh ini.

2. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan

Antioksidan seperti asam folat dan zink, bisa membantu tingkatkan kesuburan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi 75 gram antioksidan per hari, bisa meningkatkan kualitas sperma. Di lain studi, juga disebutkan bahwa suplementasi antioksidan dapat memperbanyak produksi sel telur sebanyak 25 persen.

3. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi

Makanan berlemak bisa memengaruhi kerja hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang mengatur fungsi reproduksi. Sebaiknya, Anda hindari makanan lemak jenuh dan lemak trans, yang biasanya terdapat dalam makanan kemasan dan makanan yang digoreng.

4. Jangan lupa olahraga rutin

Olahraga rutin tak hanya bikin tubuh Anda sehat, tapi juga bisa meingkatkan kesuburan. Penelitan dalam lingkup besar menyatakan bahwa satu jam olahraga per hari bisa menambah peluang kesuburan.

5. Hitung masa subur

Bagi Anda kaum perempuan, sebaiknya ketahui masa subur Anda. Dengan begitu, peluang terjadinya pembuahan bisa lebih besar. Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, silakan hitung dengan Kalkulator Masa Subur ini.

The post Benarkah Terapi Akupunktur Bisa Membantu Supaya Cepat Hamil? appeared first on Hello Sehat.

Harga Samsung Galaxy J2 2018, Review & Spesifikasi

Harga Samsung Galaxy J2 2018 – Untuk mengisi segmen entry-level di tahun 2018, Samsung merilis sebuah smartphone bernama Galaxy J2 2018. Smartphone ini menawarkan spesifikasi entry-level layaknya Xiaomi Redmi 5A. Namun kami yakin harga Hp Samsung Galaxy J2 2018 dibanderol lebih mahal dibandingkan Redmi 5A yang dipasarkan seharga 999 Ribu Rupiah. Secara keseluruhan spesifikasinya memang […]

The post Harga Samsung Galaxy J2 2018, Review & Spesifikasi appeared first on Harian Gadget.

Train to Busan

Nonton Streaming Download Subtitle Indonesia Sinopsis Train to Busan (2016) Bercerita tentang sebuah kejadian langka saat virus mayat hidup (zombie) menginfeksi Korea Selatan. Para penumpang harus berjuang untuk bertahan hidup di kereta yang melaju dari Seoul ke Busan. Salah satunya adalah Seok Woo bersama anaknya yang juga berada di dalam kereta cepat itu. Tanpa mereka sadari kereta yang mereka tumpangi telah disusupi oleh kawanan Zombie. Kini Seok Woo harus berjuang untuk menyelamatkan dirinya juga anaknya. Langsung saja streaming dan download film ini di GudangMovies21

Note : Gunakan Browser Bawaan HP Atau Google Chrome Agar Player Terbuka Sempurna !

Jika Error Gunakan Mirror Streaming

Atau Langsung Saja Download Mirror Yang Tersedia Dibawah

The post Train to Busan appeared first on GudangMovies21.

Lowongan Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Pakuhaji Kabupaten Tangerang

LowonganKerjaSatu.Com – Lowongan Kerja Rumah Sakit Pakuhaji Kabupaten Tangerang merupakan salah satu peluang karir terbaru yang kami rekomendasikan untuk teman-teman pencari kerja khususnya yang merupakan lulusan dari sekolah atau jurusan kesehatan. Namun perlu diketahui bahwa setiap rumah sakit juga membutuhkan tenaga non kesehatan dan itu peluang bagus untuk semua jurusan. Dan berikut ini sedang dibuka […]

The post Lowongan Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Pakuhaji Kabupaten Tangerang appeared first on INFO LOWONGAN KERJA TERBARU JANUARI 2018.