Gatal-gatal di Selangkangan – Penyebab, Diagnosa, Pencegahan dan Pengobatan

Timbulnya gatal-gatal di selangkangan tentunya sangat mengganggu aktivitas dan terasa tidak pantas jika harus menggaruk di tempat umum. Selangkangan yang gatal akan menimbulkan kemerahan serta tampak mengelupas di area yang gatal tersebut serta lecet. Seperti infeksi lainnya, penyebab gatal pada selangkangan adalah karena jamur mikroskopis yang hidup secara alami di kulit, rambut dan kuku. Secara umum, jamur ini tidak berbahaya namun bisa berkembang biak dengan cepat dan menyebkan infeksi khususnya akan tumbuh dengan subut pada area hangat dan lembab seperti selangkangan.

Penyebab

Gatal di selangkangan yang menyebabkan penderita selalu ingin menggaruk untuk menghilangkan rasa gatal ini bisa disebabkan karena berbagai hal seperti:

  1. Infeksi Jamur

Gatal dan ruam di selangkangan sangat bervariasi tergantung dari jamur yang menginfeksi selangkangan. Jamur di area selangkangan jumlahnya sebenarnya tidak banyak namun pertumbuhannya sangat cepat sehingga menimbulkan infeksi. Penyebab jamur kulit ini akan lebih subur tumbuh di tempat yang lembab dan minim cahaya seperti area selangkangan, area pangkal paha dan alat kelamin dengan gejala seperti selangkangan yang tampak kering dan bersisik.

  1. Iritasi Kulit

Gesekan kulit yang terjadi antara paha dan selangkangan saat berjalan atau berlari akan memicu infeksi dan menjadi penyebab selangkangan gatal. Penderita umumnya akan menggosok area tersebut yang hanya akan memperparah peradangan lapisan kulit terluar dan timbul warna kulit kemerahan seperti luka bakar, bersisik dan gatal.

  1. Intertrigo

Intertrigo atau kemerahan pada lipatan kulit juga menjadi penyebab gatal pada selangkangan pada area yang banyak mengeluarkan keringat serta uap air seperti pangkal paha, lipatan perut bagian bawah dan diantara jari jari kaki. Udara yang lembab akan meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga memperparah rasa gatal. Infeksi kulit karena bakteri inilah yang menjadi penyebab kulit gatal dan iritasi

  1. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak bisa terjadi pada saat kulit berinteraksi langsung dengan penyebab iritasi yang bisa disebabkan karena deterjen atau pelembut pakaian sehingga menimbulkan rasa gatal pada area selangkangan.

  1. Kutu Kemaluan

Gatal pada selangkangan, iritasi dan timbul bintik bintik di rambut kemaluan merupakan dampak dari salah satu jenis parasit yakni kutu kemaluan. Bintik putih atau kekuningan di dekat akar rambut kemaluan merupakan telur kutu  yang jika dilihat dari mikroskop akan berbentuk seperti kepiting berukuran kecil.

  1. Herpes Genital

Penyebab area selangkangan yang gatal selanjutnya adalah karena gejala awal dari infeksi menular seksual atau IMS yang disebabkan oleh virus herpes genital. Gatal yang terjadi di area selangkangan akan berkembang menjadi sensasi seperti terbakar, lepuh dan terasa menyakitkan.

Diagnosa

Untuk mendiagnosa gatal di area selangkangan, dokter umumnya akan melihat riwayat kesehatan pasien dan juga melakukan pemeriksaan fisik. Apabila dalam pengobatan awal ruam yang menyebabkan gatal tidak merespon, maka kemungkinan akan dilakukan beberapa tes laboratorium dan menggunakan alat seperti berikut ini.

  1. Uji Infeksi Jamur

sampel dari kulit atau rambut di area selangkangan mungkin akan diambil dan di identifikasi untuk melihat berapa presentase jamur yang berkembang biak pada area tersebut. Umumnya prosedur ini akan berlangsung selama beberapa minggu untuk mendapatkan diagnosis terbaik.


  1. Tes KOH

Banyak hal yang menjadi alasan kulit terinfeksi dan menimbulkan rasa gatal sehingga dokter kemungkinan akan mengambil sedikit bagian kulit pada area selangkangan yang gatal untuk melakukan tes KOH atau Potassium Hydroxide Skin Test yang akan membantu dalam menentukan penyebab selangkangan gatal seperti psoriasis dan eczema.

  1. Uji Lampu Kayu

Dermatologis akan menempatkan penderita pada ruangan yang gelap dan mengekspos bagian yang terinfeksi memakai sinar ultraviolet yang dinamakan Wood’s Lamp atau lampu kayu. Dokter kemudian akan melakukan observasi untuk melihat perubahan warna kulit pada area tersebut. Cara ini merupakan diagnosis yang sangat berguna untuk mencari penyebab dari selangkangan gatal.

Pencegahan dan Pengobatan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko gatal pada selangkangan dan diantaranya adalah:

  • Tidak memakai pakaian tebal dan ketat saat cuaca lembab atau panas.
  • Atasi segera penyakit kulit yang dialami seperti infeksi tinea pedis atau kutu air sehingga tidak menyebar ke area selangkangan.
  • Langsung mandi sesudah olahraga dan keringkan area selangkangan dengan handuk bersih dan taburkan bedak untuk mengurangi kelembaban.
  • Tidak berbagi peralatan pribadi seperti pakaian dalam dan handuk.
  • Mencuci pakaian sesudah digunakan berolahraga dan kenakan pakaian yang bersih.
  • Mengganti pakaian dalam setidaknya 1 kali sehari khususnya jika banyak berkeringat.
  • Tidak memakai pakaian terlalu ketat terutama celana dalam dan baju olahraga supaya tidak terjadi lecet karena gesekan.

Untuk mengobati gatal di area selangkangan bisa dilakukan dengan beberapa bahan alami ataupun obat khusus jamur yang bisa di beli bebas di apotik seperti beberapa cara dibawah ini.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan anti jamur alami yang sangat efektif untuk mengatasi gatal selangkangan serta beberapa infeksi kulit lainny yakni obat alergi gatal. Selain itu, minyak pohon teh juga berfungsi untuk membersihkan secara mendalam dan menstimulasi penyebab gatal karena kandungan anti bakteri kuat didalamnya.

  • Gunakan kapas untuk mengaplikasikan minyak pohon teh sebanyak 2 kali sehari.
  • Lakukan secara rutin selama beberapa hari sampai sembuh seluruhnya.
  • Minyak pohon teh bisa menimbulkan sensasi terbakar sehingga penggunaannya bisa dicampur dengan minyak kelapa.
  1. Cuka Apel

Mencuci area selangkangan dengan cuka apel juga ampuh untuk menghilangkan gatal yang mengganggu karena beberapa sifat dalam cuka apel seperti anti jamur dan anti bakteri untuk mengontrol infeksi.

  • Campur 2 sendok teh cuka apel dengan 2 cangkir air hangat.
  • Basuh area selangkangan dengan larutan ini dan ulangi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari khususnya sebelum tidur.
  1. Alkohol

Menggosok area selangkangan dengan alkohol juga menjadi pengobatan gatal selangkangan untuk membunuh jamur penyebab infeksi sekaligus mengeringkan area selangkangan.

  • Celupkan kapas dalam alkohol 90% dan oles di area selangkangan yang gatal tanpa perlu dibilas sebab bisa menguap dengan sendirinya.
  • Lakukan cara ini selama beberapa kali sehari hingga gatal hilang.
  1. Bawang Merah

Bawang merah merupakan obat gatal tradisional yang memiliki sifat anti jamur, antibiotik dan anti inflamasi yang sangat baik digunakan untuk membunuh jamur penyebab selangkangan gatal.

  • Haluskan bawang merah menjadi pasta dan oles pada area selangkangan.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bisa sampai bersih dengan air hangat.
  • Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.
  1. Berendam Garam

Berendam dengan air garam menjadi cara mudah untuk mengatasi gatal pada selangkangan. Garam sangat baik untuk mengontrol pertumbuhan jamur dan mempercepat proses penyembuhan infeksi sekaligus bisa menghilangkan rasa gatal dan lepuh pada kulit.

  • Isi bathtub dengan air hangat dan tambahkan dengan garam epsom.
  • Rendam tubuh dalam air tersebut selama 30 menit dan lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk hasil memuaskan.
  1. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi selangkangan gatal karena sifat anti jamur sekaligus mengurangi rasa sakit serta gatal di selangkangan. Namun untuk anda yang alergi sebaiknya menghindari cara ini karena efek samping bawang putih bisa menyebabkan kulit iritasi.

  • Haluskan bawang putih dan oleskan pasta tersebut pada kulit yang gatal.
  • Diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.
  • Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.
  1. Madu

Selain banyak manfaat madu bagi penderita maag, dalam madu mengandung sifat anti jamur, antiseptik dan bisa mengurangi rasa gatal di selangkangan. Sedangkan jenis madu yang paling baik digunakan adalah madu manuka.

  • Oleskan madu pada area yang terinfeksi dan diamkan selama 30 menit.
  • Bilas sampai bersih dan lakukan 2 kali sehari secara teratur.
  1. Yogurt

Yogurt yang mengandung antibiotik sangat baik untuk membunuh jamur penyebab gatal di area selangkangan karena dalam yogurt mengandung bakteri baik yakni lactobacillus acidophilus. Bakteri ini sangat baik untuk menyehatkan area selangkangan dan menyeimbangkan pertumbuhan bakteri tidak sehat serta pH kulit.

  • Oleskan yogurt tawar dengan jenis yogurt yunani pada area selangkangan yang gatal.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih.
  • Agar hasilnya maksimal, konsumsi juga yogurt tawar secara teratur setiap hari.

Gatal-gatal di selangkangan bisa terjadi pada pria maupun wanita yang disebabkan karena perkembangan tidak terkendali jamur pada area tersebut. Lakukan juga langkah pencegahan supaya terhindar dari gangguan kulit yang memalukan tersebut.

The post Gatal-gatal di Selangkangan – Penyebab, Diagnosa, Pencegahan dan Pengobatan appeared first on HaloSehat.

Gatal-gatal di Selangkangan – Penyebab, Diagnosa, Pencegahan dan Pengobatan

Timbulnya gatal-gatal di selangkangan tentunya sangat mengganggu aktivitas dan terasa tidak pantas jika harus menggaruk di tempat umum. Selangkangan yang gatal akan menimbulkan kemerahan serta tampak mengelupas di area yang gatal tersebut serta lecet. Seperti infeksi lainnya, penyebab gatal pada selangkangan adalah karena jamur mikroskopis yang hidup secara alami di kulit, rambut dan kuku. Secara umum, jamur ini tidak berbahaya namun bisa berkembang biak dengan cepat dan menyebkan infeksi khususnya akan tumbuh dengan subut pada area hangat dan lembab seperti selangkangan.

Penyebab

Gatal di selangkangan yang menyebabkan penderita selalu ingin menggaruk untuk menghilangkan rasa gatal ini bisa disebabkan karena berbagai hal seperti:

  1. Infeksi Jamur

Gatal dan ruam di selangkangan sangat bervariasi tergantung dari jamur yang menginfeksi selangkangan. Jamur di area selangkangan jumlahnya sebenarnya tidak banyak namun pertumbuhannya sangat cepat sehingga menimbulkan infeksi. Penyebab jamur kulit ini akan lebih subur tumbuh di tempat yang lembab dan minim cahaya seperti area selangkangan, area pangkal paha dan alat kelamin dengan gejala seperti selangkangan yang tampak kering dan bersisik.

  1. Iritasi Kulit

Gesekan kulit yang terjadi antara paha dan selangkangan saat berjalan atau berlari akan memicu infeksi dan menjadi penyebab selangkangan gatal. Penderita umumnya akan menggosok area tersebut yang hanya akan memperparah peradangan lapisan kulit terluar dan timbul warna kulit kemerahan seperti luka bakar, bersisik dan gatal.

  1. Intertrigo

Intertrigo atau kemerahan pada lipatan kulit juga menjadi penyebab gatal pada selangkangan pada area yang banyak mengeluarkan keringat serta uap air seperti pangkal paha, lipatan perut bagian bawah dan diantara jari jari kaki. Udara yang lembab akan meningkatkan pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga memperparah rasa gatal. Infeksi kulit karena bakteri inilah yang menjadi penyebab kulit gatal dan iritasi

  1. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak bisa terjadi pada saat kulit berinteraksi langsung dengan penyebab iritasi yang bisa disebabkan karena deterjen atau pelembut pakaian sehingga menimbulkan rasa gatal pada area selangkangan.

  1. Kutu Kemaluan

Gatal pada selangkangan, iritasi dan timbul bintik bintik di rambut kemaluan merupakan dampak dari salah satu jenis parasit yakni kutu kemaluan. Bintik putih atau kekuningan di dekat akar rambut kemaluan merupakan telur kutu  yang jika dilihat dari mikroskop akan berbentuk seperti kepiting berukuran kecil.

  1. Herpes Genital

Penyebab area selangkangan yang gatal selanjutnya adalah karena gejala awal dari infeksi menular seksual atau IMS yang disebabkan oleh virus herpes genital. Gatal yang terjadi di area selangkangan akan berkembang menjadi sensasi seperti terbakar, lepuh dan terasa menyakitkan.

Diagnosa

Untuk mendiagnosa gatal di area selangkangan, dokter umumnya akan melihat riwayat kesehatan pasien dan juga melakukan pemeriksaan fisik. Apabila dalam pengobatan awal ruam yang menyebabkan gatal tidak merespon, maka kemungkinan akan dilakukan beberapa tes laboratorium dan menggunakan alat seperti berikut ini.

  1. Uji Infeksi Jamur

sampel dari kulit atau rambut di area selangkangan mungkin akan diambil dan di identifikasi untuk melihat berapa presentase jamur yang berkembang biak pada area tersebut. Umumnya prosedur ini akan berlangsung selama beberapa minggu untuk mendapatkan diagnosis terbaik.


  1. Tes KOH

Banyak hal yang menjadi alasan kulit terinfeksi dan menimbulkan rasa gatal sehingga dokter kemungkinan akan mengambil sedikit bagian kulit pada area selangkangan yang gatal untuk melakukan tes KOH atau Potassium Hydroxide Skin Test yang akan membantu dalam menentukan penyebab selangkangan gatal seperti psoriasis dan eczema.

  1. Uji Lampu Kayu

Dermatologis akan menempatkan penderita pada ruangan yang gelap dan mengekspos bagian yang terinfeksi memakai sinar ultraviolet yang dinamakan Wood’s Lamp atau lampu kayu. Dokter kemudian akan melakukan observasi untuk melihat perubahan warna kulit pada area tersebut. Cara ini merupakan diagnosis yang sangat berguna untuk mencari penyebab dari selangkangan gatal.

Pencegahan dan Pengobatan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko gatal pada selangkangan dan diantaranya adalah:

  • Tidak memakai pakaian tebal dan ketat saat cuaca lembab atau panas.
  • Atasi segera penyakit kulit yang dialami seperti infeksi tinea pedis atau kutu air sehingga tidak menyebar ke area selangkangan.
  • Langsung mandi sesudah olahraga dan keringkan area selangkangan dengan handuk bersih dan taburkan bedak untuk mengurangi kelembaban.
  • Tidak berbagi peralatan pribadi seperti pakaian dalam dan handuk.
  • Mencuci pakaian sesudah digunakan berolahraga dan kenakan pakaian yang bersih.
  • Mengganti pakaian dalam setidaknya 1 kali sehari khususnya jika banyak berkeringat.
  • Tidak memakai pakaian terlalu ketat terutama celana dalam dan baju olahraga supaya tidak terjadi lecet karena gesekan.

Untuk mengobati gatal di area selangkangan bisa dilakukan dengan beberapa bahan alami ataupun obat khusus jamur yang bisa di beli bebas di apotik seperti beberapa cara dibawah ini.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan anti jamur alami yang sangat efektif untuk mengatasi gatal selangkangan serta beberapa infeksi kulit lainny yakni obat alergi gatal. Selain itu, minyak pohon teh juga berfungsi untuk membersihkan secara mendalam dan menstimulasi penyebab gatal karena kandungan anti bakteri kuat didalamnya.

  • Gunakan kapas untuk mengaplikasikan minyak pohon teh sebanyak 2 kali sehari.
  • Lakukan secara rutin selama beberapa hari sampai sembuh seluruhnya.
  • Minyak pohon teh bisa menimbulkan sensasi terbakar sehingga penggunaannya bisa dicampur dengan minyak kelapa.
  1. Cuka Apel

Mencuci area selangkangan dengan cuka apel juga ampuh untuk menghilangkan gatal yang mengganggu karena beberapa sifat dalam cuka apel seperti anti jamur dan anti bakteri untuk mengontrol infeksi.

  • Campur 2 sendok teh cuka apel dengan 2 cangkir air hangat.
  • Basuh area selangkangan dengan larutan ini dan ulangi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari khususnya sebelum tidur.
  1. Alkohol

Menggosok area selangkangan dengan alkohol juga menjadi pengobatan gatal selangkangan untuk membunuh jamur penyebab infeksi sekaligus mengeringkan area selangkangan.

  • Celupkan kapas dalam alkohol 90% dan oles di area selangkangan yang gatal tanpa perlu dibilas sebab bisa menguap dengan sendirinya.
  • Lakukan cara ini selama beberapa kali sehari hingga gatal hilang.
  1. Bawang Merah

Bawang merah merupakan obat gatal tradisional yang memiliki sifat anti jamur, antibiotik dan anti inflamasi yang sangat baik digunakan untuk membunuh jamur penyebab selangkangan gatal.

  • Haluskan bawang merah menjadi pasta dan oles pada area selangkangan.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bisa sampai bersih dengan air hangat.
  • Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.
  1. Berendam Garam

Berendam dengan air garam menjadi cara mudah untuk mengatasi gatal pada selangkangan. Garam sangat baik untuk mengontrol pertumbuhan jamur dan mempercepat proses penyembuhan infeksi sekaligus bisa menghilangkan rasa gatal dan lepuh pada kulit.

  • Isi bathtub dengan air hangat dan tambahkan dengan garam epsom.
  • Rendam tubuh dalam air tersebut selama 30 menit dan lakukan sebanyak 2 kali sehari untuk hasil memuaskan.
  1. Bawang Putih

Bawang putih juga menjadi bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi selangkangan gatal karena sifat anti jamur sekaligus mengurangi rasa sakit serta gatal di selangkangan. Namun untuk anda yang alergi sebaiknya menghindari cara ini karena efek samping bawang putih bisa menyebabkan kulit iritasi.

  • Haluskan bawang putih dan oleskan pasta tersebut pada kulit yang gatal.
  • Diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.
  • Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.
  1. Madu

Selain banyak manfaat madu bagi penderita maag, dalam madu mengandung sifat anti jamur, antiseptik dan bisa mengurangi rasa gatal di selangkangan. Sedangkan jenis madu yang paling baik digunakan adalah madu manuka.

  • Oleskan madu pada area yang terinfeksi dan diamkan selama 30 menit.
  • Bilas sampai bersih dan lakukan 2 kali sehari secara teratur.
  1. Yogurt

Yogurt yang mengandung antibiotik sangat baik untuk membunuh jamur penyebab gatal di area selangkangan karena dalam yogurt mengandung bakteri baik yakni lactobacillus acidophilus. Bakteri ini sangat baik untuk menyehatkan area selangkangan dan menyeimbangkan pertumbuhan bakteri tidak sehat serta pH kulit.

  • Oleskan yogurt tawar dengan jenis yogurt yunani pada area selangkangan yang gatal.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih.
  • Agar hasilnya maksimal, konsumsi juga yogurt tawar secara teratur setiap hari.

Gatal-gatal di selangkangan bisa terjadi pada pria maupun wanita yang disebabkan karena perkembangan tidak terkendali jamur pada area tersebut. Lakukan juga langkah pencegahan supaya terhindar dari gangguan kulit yang memalukan tersebut.

The post Gatal-gatal di Selangkangan – Penyebab, Diagnosa, Pencegahan dan Pengobatan appeared first on HaloSehat.

10 Cara Memutihkan Gigi dengan Kunyit Paling Ampuh

Cara memutihkan gigi yang kuning bisa dilakukan dengan berbagai cara dan melalui bermacam-macam bahan alami dan salah satunya adalah kunyit. Selain cara memutihkan gigi dengan lemon yang kaya akan vitamin C, cara memutihkan gigi dengan kunyit bisa juga dicoba karena kunyit adalah jenis rempah yang kaya pula akan vitamin C, selenium dan magnesium.

  1. Kunyit

Cukup siapkan kunyit dalam bentuk bubuk yang bisa dicampurkan air sedikit untuk membuat pasta kunyit. Gunakan untuk menggosok gigi secara perlahan dan merata sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin biasa dan sikatlah dengan sikat gigi. Tunggu sekitar 5 menit lebih dulu sebelum akhirnya bisa dibuang dengan diludahkan dan berkumurlah dengan air biasa untuk membersihkan bagian dalam mulut.

  1. Kunyit, Minyak Mustard dan Garam

Tak ada salahnya mencoba mengombinasikan 3 bahan sekaligus untuk menciptakan ramuan alami nan efektif bagi gigi yang kuning agar lebih putih dan cerah dengan cepat tanpa efek samping berbahaya.

Campurkan sejumput garam, setengah sendok teh kunyit, berikut sesendok teh minyak mustard sampai merata. Larutan campuran inilah yang bisa digunakan sebagai bahan perawatan gigi berbentuk pasta untuk menggosok gigi selama beberapa menit. Setelah beberapa menit, berkumurlah dengan air biasa sampai bersih dan lakukan pengulangan seminggu 3 kali untuk mendapatkan hasil paling baik.

  1. Teh Kunyit Berempah

Agar gigi kuning bisa putih kembali, Anda bisa coba mencampurkan langsung setengah sendok kunyit bubuk, sesendok teh kayu manis, secangkir susu almond dan ¼ sendok teh jahe berikut juga sejumput cengkeh dan pala. Campuran ini bisa lebih dulu Anda rebus beberapa menit dan saringlah. Jangan ketinggalan untuk menambahkan madu murni sebelum meminumnya setiap hari.

  1. Pasta Gigi Kunyit

Dengan memanfaatkan bubuk kunyit organik, Anda pada dasarnya bisa membuat ramuan pasta gigi sendiri yang alami dengan bahan dasar tersebut. Untuk bisa menjadi pasta gigi yang lebih efektif memutihkan gigi, minyak kelapa yang sudah dilelehkan bisa digunakan sebagai campuran.

Campurkan 1/8 sendok teh minyak kelapa tersebut dengan bubuk kunyit ¼ sendok teh, letakkan di atas sikat gigi Anda dan sikatlah gigi seperti biasa. Sebelum dibuang, biarkan dulu 3-5 menit lamanya. Buanglah dengan meludahkannya dan berkumurlah dengan air biasa hingga bagian dalam mulut serta gigi bersih; lanjutkan dengan menyikat gigi menggunaka pasta gigi biasa.

  1. Kunyit dan Oil Pulling

Oil pulling sebenarnya diketahui sebagai ritual kuno Ayurvedic yang berasal dari India di mana berupa teknik berkumur menggunakan minyak murni jenis cold press organik berkualitas paling baik. Rupanya, penggunaan oil pulling dengan kunyit pun bisa dicoba dalam upaya memutihkan gigi yang kuning.

Oil pulling yang mengandung kunyit adalah yang paling bisa dipilih dan digunakan dengan cara mengambil secukupnya untuk didesirkan di dalam mulut selama 10 menit setiap pagi secara rutin. Pastikan untuk melakukan cara ini sebelum Anda minum atau makan apapun di pagi hari agar hasil lebih maksimal.

  1. Kunyit dan Vanila Essence

Cara penggunaan kombinasi kedua bahan ini adalah dengan mencampurkan ½ sendok teh bubuk kunyit bersama dengan vanila essence sampai rata dan berbentuk pasta. Gunakan untuk menyikat gigi secara perlahan dan merata, dan setelahnya dibersihkan dengan air biasa melalui proses kumur. Seminggu Anda bisa melakukan cara ini 3 kali agar hasil yang dicapai benar-benar maksimal.


  1. Obat Kumur Kunyit

Apapun penyebab gigi kuning Anda, cobalah membuat ramuan obat kumur dari kunyit sendiri di rumah dengan mencampurkan ½ gelas air dan ½ sendok teh bubuk kunyit. Ramuan campuran inilah yang bisa digunakan rutin seperti ketika Anda memakai obat kumur biasa.

Larutan yang sudah jadi bisa didesirkan di dalam mulut selama kurang lebih semenit sebelum dibuang atau diludahkan. Barulah selanjutnya dilanjutkan dengan membersihkan mulut dengan berkumur air biasa agar noda kuning karena kunyit bisa hilang. Ulangilah cara perawatan ini setiap hari supaya hasil yang diperoleh dapat maksimal.

  1. Kunyit, Minyak Kelapa dan Baking Soda

Dalam membuat ramuan dengan kombinasi 3 bahan ini, Anda cukup menyiapkan 3 sendok makan minyak kelapa organik virgin, 2 sendok teh baking soda serta 4 sendok makan kunyit bubuk yang kemudian dicampur hingga rata. Gunakan campuran yang sudah jadi 2 sendok teh banyaknya sebagai pasta gigi biasa.

Gosokkan pada gigi 1-2 menit lamanya, ditambah pula dengan mendesirkan 1 sendok teh minyak kelapa yang telah dilelehkan 1 menit sebelum membuangnya dari mulut. Setelahnya, bersihkan mulut dengan berkumur air biasa. Lakukan cara perawatan ini serutin mungkin seminggu beberapa kali dan lama-kelamaan menjadi seminggu 1-2 kali saja.

  1. Mengunyah-ngunyah Kunyit

Bila ingin cara yang lebih sederhana, sediakan saja kunyit yang masih segar (bukan dalam bentuk bubuk) 1 saja dan kunyahlah selama 2-5 menit secara rutin. Jangan ditelan, namun setelah 2-5 menit pastikan untuk membuangnya dan berkumurlah dengan air untuk membersihkan bagian dalam mulut. Ulangi setiap hari cara perawatan ini agar hasil terbaik bisa dirasakan.

  1. Kunyit, Garam dan Jus Lemon

Lemon yang merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi dipercaya sebagai pembunuh bakteri ampuh sambil juga dapat memutihkan gigi dari segala plak dan noda tak diinginkan. Jadi, pangganglah lebih dulu akar kunyit selama beberapa menit, haluskan hingga menjadi bubuk, lalu tambahkan garam dan jus lemon secukupnya. Pasta yang sudah jadi bisa diaplikasikan pada seluruh gigi dan biarkan beberapa saat sebelum Anda membersihkannya dengan berkumur air biasa; hasil lebih maksimal bila mengulangi cara ini seminggu 3 kali.

Cara memutihakan gigi dengan kunyit diyakini ampuh dan aman, namun perhatikan juga efek samping kunyit yang mampu melemahkan enamel gigi. Pastikan untuk tak menggunakan kunyit ini terlalu berlebihan dan dalam jangka panjang supaya menghindari berbagai efek samping yang tak diharapkan.

The post 10 Cara Memutihkan Gigi dengan Kunyit Paling Ampuh appeared first on HaloSehat.

8 Cara Memutihkan Gigi dengan Lemon Paling Efektif

Gigi kuning dapat menjadi salah satu faktor yang memicu masalah berkurangnya rasa percaya diri karena hal tersebut otomatis akan menurunkan kualitas penampilan kita. Baik itu karena tingkat kebersihan gigi yang kurang, penyakit tertentu, penggunaan obat tertentu, atau kebiasaan makanan tak sehat tertentu, gigi bisa menjadi kuning. Namun ada beberapa cara memutihkan dengan lemon paling efektif layak dicoba.

  1. Lemon

Lemon seperti kita ketahui adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi dengan kandungan antioksidan yang juga tinggi. Kita juga tahu betul bahwa vitamin C tersebutlah yang tak hanya bisa memutihkan dan mencerahkan kulit, tapi juga gigi yang kuning.

Caranya: Campurkan sesendok teh jus lemon dan sesendok teh air biasa yang kemudian bisa dijadikan sebagai ramuan yang digosokkan pada gigi Anda selama 1 menit. Setelahnya, pastikan untuk membilas bersih gigi dan mulut dengan air biasa, dan lanjutkan dengan menyikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi. Atau, bisa juga ramuan ini diaplikasikan pada gigi menggunakan jari tangan dan tinggalkan di sana sekitar 10 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih; lakukan cara perawatan ini paling tidak seminggu 2 kali.

  1. Lemon dan Garam

Lemon yang dikombinasikan dengan garam ternyata juga berdampak baik untuk gigi yang kuning apapun penyebab gigi kuning yang dialami. Campuran ramuan ini pun bisa dijadikan sebagai pasta gigi alami.

Caranya: Campurkan 2-3 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh garam yang kemudian dijadikan pasta gigi. Tunggulah beberapa menit sebelum Anda bisa bilas dengan air sampai bersih. Atau, paka saja pasta gigi yang memang di dalamnya terkandung ekstrak lemon plus garam yang digunakan untuk menyikat gigi. Pengaplikasian cara perawatan ini bisa dilakukan seminggu 2 kali untuk memperoleh hasil paling baik.

  1. Jus Lemon, Garam dan Minyak Mustard

Kombinasi bahan alami lainnya yang berbahan utama lemon adalah penggunaan jus lemon, minyak mustard, dan garam di mana minyak mustard sendiri terpercaya dalam hal menguatkan gigi, menjaga kesehatan gusi, serta mengurangi masalah bau mulut.

Caranya: Untuk gigi kuning, cukup campurkanlah 1 sendok teh garam, 1 sendok teh minyak mustard, dan jus lemon sebanyak 2 tetes sebelum kemudian diaplikasikan dan dipijatkan pada gigi selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan air biasa sebagai pembilas mulut dan gigi; lakukan cara perawatan ini setiap hari setiap sehabis proses menggosok gigi seperti biasa.

  1. Minyak Lemon

Minyak lemon adalah contoh bahan alami lainnya berbahan dasar lemon yang bisa Anda andalkan ketika hendak mengatasi masalah gigi kuning yang mengganggu penampilan. Minyak lemon pun diketahui dan dipercaya betul berefektivitas tinggi dalam memutihkan gigi.

Caranya: Campurkanlah minyak kamomil dan minyak lemon masing-masing 3 tetes yang kemudian ditambahkan pada sekapsul arang aktif yang sudah dicampur dengan sesendok makan minyak kelapa. Larutan inilah yang bisa digunakan dengan memasukkannya ke dalam mulut, desirkan (bukan dikumurkan) selama 10 menitan dan buang sebelum kemudian Anda lanjutkan dengan menyikat gigi dengan pasta gigi biasa. Kumurlah dengan air biasa untuk membilas dan lakukan cara ini 1 minggu 1-2 kali.

  1. Kulit Lemon

Tak hanya daging buah, jus atau ekstrak lemon yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gigi kuning, tapi bagian kulitnya pun dapat kita andalkan untuk memutihkan gigi secara alami.


Caranya: Kupaslah lebih dulu 1 buah lemon yang kemudian diaplikasikan pada gigi yang kuning dan digosokkan pelan-pelan pada gigi selama paling tidak 1-2 menit lamanya. Barulah selanjutnya bisa Anda bilas menggunakan air bersih. Atau cara alternatifnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pasta dari campuran air dan kulit jeruk yang diblender lalu digunakan untuk menggosok gigi; setelahnya dibilas dengan air bersih. Salah satu cara tersebut bisa dicoba dilakukan seminggu 3 kali agar dapat memberikan hasil sempurna.

  1. Jus Lemon, Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Jus lemon pun bisa dikombinasikan dengan hidrogen peroksida serta baking soda untuk membuat gigi lebih putih dan cerah secara aman dan alami. Namun, tetap ketahui dan waspadai akan adanya bahaya baking soda dalam penggunaan berlebihan.

Caranya: Campurkanlah sesendok jus lemon segar dengan hidrogen peroksida dan baking soda masing-masing 1 sendok teh. Larutan campuran ini bisa digunakan sebagai pasta gigi untuk menyikat gigi selama 1-2 menit lamanya. Lanjutkan setelahnya dengan membersihkan gigi dan mulut dengan air biasa dan ulangi secara rutin. Bila tak memiliki persediaan hidrogen peroksida, gunakan cuka putih sebagai penggantinya.

  1. Jus Lemon dan Air

Sebagai obat kumur alami, Anda bisa mengombinasikan antara jus lemon dan air yang otomatis cara penggunaannya adalah dengan mengumurkan larutan.

Caranya: Dalam membuatnya, pastikan Anda mencampurkan air dan jus lemon dengan perbandingan 2:1 yang digunakan sebagai obat kumur alami. Setelah dikumurkan di dalam mulut, pastikan untuk membuangnya dan bersihkan mulut menggunakan air bersih untuk menghilangkan plak-plak, noda dan bakteri di dalamnya. Lakukan cara ini secara rutin, yakni seminggu 2 kali demi hasil paling efektif.

  1. Lemon dan Baking Soda

Karena kombinasi antara jus lemon dengan baking soda dapat mengunci kalsium pada enamel yang artinya gigi dapat menjadi jauh lebih cerah, putih dan kuat secara alami, maka tak ada salahnya bila Anda menggunakan kedua bahan ini untuk perawatan gigi rutin.

Caranya: Campurkan jus lemon dan baking soda dalam takaran masing-masing yang sama untuk membuat adonan pasta. Setelah jadi, aplikasikan langsung pada gigi dan tinggalkan di sana selama 1 menit. Sikatlah gigi menggunakan larutan ini selama 1-2 menit yang kemudian bisa dibersihkan menggunakan air biasa. Selanjutnya, gosoklah gigi dengan pasta gigi biasa untuk membersihkan larutan lemon dan baking soda sebelumnya.

Menggunakan cara ini seminggu paling tidak 2 kali akan memberikan hasil yang efektif dalam memutihkan gigi tanpa efek samping berbahaya, asalkan takarannya pun benar. Boleh juga bila Anda hendak menambahkan sejumput garam ke dalam larutan tersebut.

Itulah cara memutihkan gigi dengan lemon paling ampuh wajib untuk Anda coba bila bermasalah dengan gigi kuning. Mengapa perawatan perlu dilakukan hanya 1-2 kali dalam seminggu? Ini karena penggunaan lemon terlalu sering malah hanya akan merusak enamel gigi dan kadar kalsium sebab saking tingginya kandungan asam dari buah tersebut. Jadi, lakukan perawatan sesuai yang dianjurkan saja dan jangan terlalu sering supaya tidak merusakkan gigi.

The post 8 Cara Memutihkan Gigi dengan Lemon Paling Efektif appeared first on HaloSehat.

10 Cara Memutihkan Gigi dengan Kunyit Paling Ampuh

Cara memutihkan gigi yang kuning bisa dilakukan dengan berbagai cara dan melalui bermacam-macam bahan alami dan salah satunya adalah kunyit. Selain cara memutihkan gigi dengan lemon yang kaya akan vitamin C, cara memutihkan gigi dengan kunyit bisa juga dicoba karena kunyit adalah jenis rempah yang kaya pula akan vitamin C, selenium dan magnesium.

  1. Kunyit

Cukup siapkan kunyit dalam bentuk bubuk yang bisa dicampurkan air sedikit untuk membuat pasta kunyit. Gunakan untuk menggosok gigi secara perlahan dan merata sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin biasa dan sikatlah dengan sikat gigi. Tunggu sekitar 5 menit lebih dulu sebelum akhirnya bisa dibuang dengan diludahkan dan berkumurlah dengan air biasa untuk membersihkan bagian dalam mulut.

  1. Kunyit, Minyak Mustard dan Garam

Tak ada salahnya mencoba mengombinasikan 3 bahan sekaligus untuk menciptakan ramuan alami nan efektif bagi gigi yang kuning agar lebih putih dan cerah dengan cepat tanpa efek samping berbahaya.

Campurkan sejumput garam, setengah sendok teh kunyit, berikut sesendok teh minyak mustard sampai merata. Larutan campuran inilah yang bisa digunakan sebagai bahan perawatan gigi berbentuk pasta untuk menggosok gigi selama beberapa menit. Setelah beberapa menit, berkumurlah dengan air biasa sampai bersih dan lakukan pengulangan seminggu 3 kali untuk mendapatkan hasil paling baik.

  1. Teh Kunyit Berempah

Agar gigi kuning bisa putih kembali, Anda bisa coba mencampurkan langsung setengah sendok kunyit bubuk, sesendok teh kayu manis, secangkir susu almond dan ¼ sendok teh jahe berikut juga sejumput cengkeh dan pala. Campuran ini bisa lebih dulu Anda rebus beberapa menit dan saringlah. Jangan ketinggalan untuk menambahkan madu murni sebelum meminumnya setiap hari.

  1. Pasta Gigi Kunyit

Dengan memanfaatkan bubuk kunyit organik, Anda pada dasarnya bisa membuat ramuan pasta gigi sendiri yang alami dengan bahan dasar tersebut. Untuk bisa menjadi pasta gigi yang lebih efektif memutihkan gigi, minyak kelapa yang sudah dilelehkan bisa digunakan sebagai campuran.

Campurkan 1/8 sendok teh minyak kelapa tersebut dengan bubuk kunyit ¼ sendok teh, letakkan di atas sikat gigi Anda dan sikatlah gigi seperti biasa. Sebelum dibuang, biarkan dulu 3-5 menit lamanya. Buanglah dengan meludahkannya dan berkumurlah dengan air biasa hingga bagian dalam mulut serta gigi bersih; lanjutkan dengan menyikat gigi menggunaka pasta gigi biasa.

  1. Kunyit dan Oil Pulling

Oil pulling sebenarnya diketahui sebagai ritual kuno Ayurvedic yang berasal dari India di mana berupa teknik berkumur menggunakan minyak murni jenis cold press organik berkualitas paling baik. Rupanya, penggunaan oil pulling dengan kunyit pun bisa dicoba dalam upaya memutihkan gigi yang kuning.

Oil pulling yang mengandung kunyit adalah yang paling bisa dipilih dan digunakan dengan cara mengambil secukupnya untuk didesirkan di dalam mulut selama 10 menit setiap pagi secara rutin. Pastikan untuk melakukan cara ini sebelum Anda minum atau makan apapun di pagi hari agar hasil lebih maksimal.

  1. Kunyit dan Vanila Essence

Cara penggunaan kombinasi kedua bahan ini adalah dengan mencampurkan ½ sendok teh bubuk kunyit bersama dengan vanila essence sampai rata dan berbentuk pasta. Gunakan untuk menyikat gigi secara perlahan dan merata, dan setelahnya dibersihkan dengan air biasa melalui proses kumur. Seminggu Anda bisa melakukan cara ini 3 kali agar hasil yang dicapai benar-benar maksimal.


  1. Obat Kumur Kunyit

Apapun penyebab gigi kuning Anda, cobalah membuat ramuan obat kumur dari kunyit sendiri di rumah dengan mencampurkan ½ gelas air dan ½ sendok teh bubuk kunyit. Ramuan campuran inilah yang bisa digunakan rutin seperti ketika Anda memakai obat kumur biasa.

Larutan yang sudah jadi bisa didesirkan di dalam mulut selama kurang lebih semenit sebelum dibuang atau diludahkan. Barulah selanjutnya dilanjutkan dengan membersihkan mulut dengan berkumur air biasa agar noda kuning karena kunyit bisa hilang. Ulangilah cara perawatan ini setiap hari supaya hasil yang diperoleh dapat maksimal.

  1. Kunyit, Minyak Kelapa dan Baking Soda

Dalam membuat ramuan dengan kombinasi 3 bahan ini, Anda cukup menyiapkan 3 sendok makan minyak kelapa organik virgin, 2 sendok teh baking soda serta 4 sendok makan kunyit bubuk yang kemudian dicampur hingga rata. Gunakan campuran yang sudah jadi 2 sendok teh banyaknya sebagai pasta gigi biasa.

Gosokkan pada gigi 1-2 menit lamanya, ditambah pula dengan mendesirkan 1 sendok teh minyak kelapa yang telah dilelehkan 1 menit sebelum membuangnya dari mulut. Setelahnya, bersihkan mulut dengan berkumur air biasa. Lakukan cara perawatan ini serutin mungkin seminggu beberapa kali dan lama-kelamaan menjadi seminggu 1-2 kali saja.

  1. Mengunyah-ngunyah Kunyit

Bila ingin cara yang lebih sederhana, sediakan saja kunyit yang masih segar (bukan dalam bentuk bubuk) 1 saja dan kunyahlah selama 2-5 menit secara rutin. Jangan ditelan, namun setelah 2-5 menit pastikan untuk membuangnya dan berkumurlah dengan air untuk membersihkan bagian dalam mulut. Ulangi setiap hari cara perawatan ini agar hasil terbaik bisa dirasakan.

  1. Kunyit, Garam dan Jus Lemon

Lemon yang merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi dipercaya sebagai pembunuh bakteri ampuh sambil juga dapat memutihkan gigi dari segala plak dan noda tak diinginkan. Jadi, pangganglah lebih dulu akar kunyit selama beberapa menit, haluskan hingga menjadi bubuk, lalu tambahkan garam dan jus lemon secukupnya. Pasta yang sudah jadi bisa diaplikasikan pada seluruh gigi dan biarkan beberapa saat sebelum Anda membersihkannya dengan berkumur air biasa; hasil lebih maksimal bila mengulangi cara ini seminggu 3 kali.

Cara memutihakan gigi dengan kunyit diyakini ampuh dan aman, namun perhatikan juga efek samping kunyit yang mampu melemahkan enamel gigi. Pastikan untuk tak menggunakan kunyit ini terlalu berlebihan dan dalam jangka panjang supaya menghindari berbagai efek samping yang tak diharapkan.

The post 10 Cara Memutihkan Gigi dengan Kunyit Paling Ampuh appeared first on HaloSehat.

Alphacort – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama obat Alphacort? Sesuatu yang berhubungan dengan obat dan penyakit kulit? Ya, Alphacort adalah sediaan topikal berbentuk krim yang umumnya diaplikasikan pada kulit.

Obat Apa?

Alphacort adalah obat topikal berbentuk krim yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang merupakan penyebab kulit gatal dan gejala lainnya.  Obat ini termasuk ke dalam obat-obatan keras dengan logo K pada kemasannya dan harus digunakan dengan resep dokter.

Sekilas Kandungan Alphacort

Alphacort merupakan krim kortikosteroid yang mengandung betametasone valerat 1 % di dalam setiap tubenya.

Berikut beberapa penjelasan mengenai zat aktif Alphacort,

  • Betamethasone valerat adalah jenis obat yang masuk ke dalam golongan kortikosteroid (glukokortikoid).
  • Betamethasone umumnya digunakan untuk mengobati jenis-jenis penyakit kulit yang disertai peradangan seperti pada kondisi alergi, rematik, penyakit kulit, penyakit Crohn, merangsang pertumbuhan bayi pada kelahiran prematur, bahkan kanker sel darah putih atau yang biasa kita kenal dengan leukimia.
  • Mekanisme kerja betamethasone adalah mencegah dan mengatasi peradangan dengan cara menekan laju sintesis protein, membalikkan permeabilitas kapiler, menekan migrasi leukosit, dan stabilisasi lisosom.
  • Betamethasone sendiri dibagi ke dalam beberapa bentuk senyawa, antara lain, betamethasone valerat, betamethasone natrium fosfat, dan betamethasone dipropionat.
  • Betamethasone biasanya dikombinasikan dengan klotrimazole, gentamicin, dan asam salisilat.
  • Kombinasi-kombinasi di atas digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis.

Indikasi

Alphacort memiliki beberapa indikasi sebagai berikut,

  1. Mengobati dermatitis, yaitu suatu penyakit kulit yang biasanya ditandai dengan ruam kemerahan dan peradangan pada kulit dan menyebabkan gatal. Penyakit ini biasa disebut juga sebagai eksim dan tidak menular. Dermatitis umumnya terjadi dikarenakan kontak dengan berbagai zat pemicu reaksi alergi seperti perhiasan yang terbuat dari logam, sabun, dan zat kimia lainnya. Gejala dermatitis menimbulkan reaksi yang sangat tidak nyaman seperti kulit yang bernanah, melepuh, berkerak, dan mengelupas.
  2. Mengobati psoriasis, yaitu suatu penyakit kulit yang disertai peradangan dan biasanya sudah berlangsung cukup lama hingga bertahun-tahun. Umumnya berdasarkan jenisnya, penderita psoriasis menunjukkan kondisi mulai dari kulit yang terlihat seperti mengalami luka bakar, gerak semakin terbatas pada anggota tubuh yang terkena psoriasis, radang ketombe pada rambut, bintil-bintil berwarna putih hingga kuku yang patah dan mati pada kasus psoriasis kuku. Alphacort sendiri berfungsi mengobati psoriasis yang menimbulkan peradangan pada kulit.
  3. Meringankan gejala iritasi pada kulit seperti gatal, ruam kemerahan hingga radang dan kulit mengelupas
  4. Mengobati penyakit Bullous dermatitis herpetiformis. yaitu merupakan jenis penyakit kulit yang ditandai dengan gejala seperti lepuhan berisi air. Meski ada kata herpetiformis, penyakit ini sama sekali tidak ada keterkaitan dengan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes. Hanya saja penampakan gejalanya memiliki kemiripan dengan herpes yaitu kulit yang melepuh dan berisi cairan. Penyakit satu ini diduga berkaitan erat dengan kondisi alergi gluten atau biasa disebut intoleransi gluten. Penyakit DH umumnya ditemukan pada pasien dewasa dengan kisaran usia 20 hingga 40 tahun dan jarang ditemukan pada pasien usia anak-anak.
  5. Mengobati penyakit eksfoliatif eritroderma, yaitu jenis penyakit kulit yang cukup serius karena umumnya ditandai dengan skuam dan eritema yang meliputi hampir seluruh bagian tubuh.

  6. Mengobati penyakit mikosis fungoides, yaitu suatu penyakit jenis limfoma yang berada di dalam kulit. Gejala dari penyakit ini biasanya dimulai dengan gejala-gejala ringan seperti penebalan kulit yang terasa gatal, kemudian membentuk benjolan, dan perlahan akan mulai menyebar ke bagian tubuh lainnya. Mikosis fungoides ini biasanya terdeteksi pada pasien lanjut usia dan memiliki harapan hidup hingga beberapa tahun saja. Bahkan penyakit serius ini bisa berkembang ke arah leukemia dan sangat patut diwaspadai meski untuk gejala awalnya sangat sukar terdeteksi sedari dini.
  7. Mengobati pemfigus, semacam penyakit kulit yang berbahaya namun cukup langka dan jarang ditemui. Pemfigus memiliki gejala seperti bisul pada permukaan kulit atau membran mukosa pada alat kelamin maupun mulut. Benjolan yang ditimbulkan pemfigus ini sangat rawan pecah dan mengundang infeksi pada area yang terkena.
  8. Mengobati eritema multiforme (sindrom Stevens-Johnson), yaitu semacam penyakit kulit yang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Gejala penyakit ini umumnya berupa peradangan akut yang menyerang kulit dan membran mukosa yang menimbulkan beberapa lesi. 

Dosis

Dosis yang umum digunakan untuk Alphacort yaitu 2 hingga 3 kali sehari, dioleskan tipis dan secara merata pada kulit atau bagian yang terkena infeksi.

Cara penggunaan Alphacort

Untuk cara penggunaan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini,

  • Jika memungkinkan, sebaiknya Anda mandi terlebih dahulu, atau setidaknya bersihkan badan Anda dari keringat dan kotoran. Terutama bagian kulit yang terkena infeksi.
  • Cuci tangan Anda hingga bersih dengan menggunakan sabun sebelum membuka segel tube Alphacort.
  • Gunakan ujung jari atau cotton bud untuk mengambil sediaan Alphacort lalu oleskan tipis-tipis dan secara merata ke seluruh bagian kulit yang terkena infeksi.
  • Biarkan hingga Alphacort meresap ke dalam kulit sebelum Anda mengenakan pakaian yang menutupi area kulit terinfeksi dan kembali beraktifitas.

Cara Penyimpanan

Sebaiknya Anda menyimpan Alphacort dengan memerhatikan beberapa poin di bawah ini,

  • Simpan di dalam kotak obat tersendiri dan jika memungkinkan, pisahkan dengan sediaan per oral yang Anda miliki.
  • Simpan di tempat terpisah dengan sediaan yang memiliki bentuk kemasan mirip seperti salep untuk mata dan lainnya.
  • Jika Anda terpaksa menyimpan sediaan topikal (kulit) Alphacort dengan sediaan cream atau salep lainnya yang dikhususkan untuk penyakit mata, maka beri label khusus berisi keterangan singkat pada badan tube untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan.
  • Jauhkan dari sinar matahari langsung atau pun jangkauan anak-anak.

Efek Samping

Meski berupa sediaan topikal yang digunakan pada kulit, Alphacort tetap memiliki efek samping, seperti :

  • Menyebabkan iritasi pada kulit, misalnya ruam, rasa gatal hingga terbakar atau pun sensasi menyengat.
  • Penggunaan Alphacort juga berpotensi menyebabkan penipisan kulit.
  • Alphacort mampu mengubah warna dan pigmentasi pada kulit.
  • Menyebabkan strech mark pada kulit.
  • Mengakibatkan pembuluh darah halus berkumpul dan menonjol di bagian bawah kulit.
  • Merangsang pertumbuhan rambut pada kulit secara berlebihan dan tidak wajar.

Kontra Indikasi

Berikut beberapa kontra indikasi yang patut Anda waspadai sebelum menggunakan Alphacort,

  • Hindari penggunaan pada penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap betamethasone. Jika Anda mengalami gejala-gejala iritasi kulit yang menjurus ke arah alergi, sebaiknya hentikan penggunaan dan hubungi dokter.
  • Hindari penggunaan Alphacort yang dalam hal ini mengandung kortikosteroid pada pasien dengan herpes okuler simplex yang aktif.
  • Hindari penggunaan bersamaan dengan pemberian vaksin hidup atau yang dilemahkan. 

Perhatian dan peringatan

Tidak disarankan digunakan bersamaan dengan sediaan topikal antijamur seperti ketokonazole karena dapat meningkatkan efek farmakologisnya.

Meskipun Alphacort merupakan sediaan topikal, penggunaannya tetap harus melalui konsultasi dan diresepkan oleh dokter terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Alphacort merupakan golongan obat keras yang penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter dan memiliki sederet efek samping yang patut diwaspadai. Selain itu, hanya dokterlah yang mampu mendiagnosa jenis penyakit kulit yang Anda derita dan memutuskan jenis terapi yang tepat untuk penyakit tersebut.

Seperti yang kita tahu, begitu banyak jenis penyakit kulit yang memiliki gejala dan tanda yang mirip sehingga memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengenali jenis penyakit kulit yang sedang Anda derita. Jadi, kebijakan Anda sangat diperlukan sebelum menggunakan sediaan kulit Alphacort ini agar Anda mendapatkan efek terapi maksimal seperti yang diharapkan dan meminimalisir kesalahan penggunaan obat yang tidak sesuai dengan indikasi.

Salam sehat.

The post Alphacort – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping appeared first on HaloSehat.

8 Cara Memutihkan Gigi dengan Lemon Paling Efektif

Gigi kuning dapat menjadi salah satu faktor yang memicu masalah berkurangnya rasa percaya diri karena hal tersebut otomatis akan menurunkan kualitas penampilan kita. Baik itu karena tingkat kebersihan gigi yang kurang, penyakit tertentu, penggunaan obat tertentu, atau kebiasaan makanan tak sehat tertentu, gigi bisa menjadi kuning. Namun ada beberapa cara memutihkan dengan lemon paling efektif layak dicoba.

  1. Lemon

Lemon seperti kita ketahui adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi dengan kandungan antioksidan yang juga tinggi. Kita juga tahu betul bahwa vitamin C tersebutlah yang tak hanya bisa memutihkan dan mencerahkan kulit, tapi juga gigi yang kuning.

Caranya: Campurkan sesendok teh jus lemon dan sesendok teh air biasa yang kemudian bisa dijadikan sebagai ramuan yang digosokkan pada gigi Anda selama 1 menit. Setelahnya, pastikan untuk membilas bersih gigi dan mulut dengan air biasa, dan lanjutkan dengan menyikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi. Atau, bisa juga ramuan ini diaplikasikan pada gigi menggunakan jari tangan dan tinggalkan di sana sekitar 10 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih; lakukan cara perawatan ini paling tidak seminggu 2 kali.

  1. Lemon dan Garam

Lemon yang dikombinasikan dengan garam ternyata juga berdampak baik untuk gigi yang kuning apapun penyebab gigi kuning yang dialami. Campuran ramuan ini pun bisa dijadikan sebagai pasta gigi alami.

Caranya: Campurkan 2-3 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh garam yang kemudian dijadikan pasta gigi. Tunggulah beberapa menit sebelum Anda bisa bilas dengan air sampai bersih. Atau, paka saja pasta gigi yang memang di dalamnya terkandung ekstrak lemon plus garam yang digunakan untuk menyikat gigi. Pengaplikasian cara perawatan ini bisa dilakukan seminggu 2 kali untuk memperoleh hasil paling baik.

  1. Jus Lemon, Garam dan Minyak Mustard

Kombinasi bahan alami lainnya yang berbahan utama lemon adalah penggunaan jus lemon, minyak mustard, dan garam di mana minyak mustard sendiri terpercaya dalam hal menguatkan gigi, menjaga kesehatan gusi, serta mengurangi masalah bau mulut.

Caranya: Untuk gigi kuning, cukup campurkanlah 1 sendok teh garam, 1 sendok teh minyak mustard, dan jus lemon sebanyak 2 tetes sebelum kemudian diaplikasikan dan dipijatkan pada gigi selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan air biasa sebagai pembilas mulut dan gigi; lakukan cara perawatan ini setiap hari setiap sehabis proses menggosok gigi seperti biasa.

  1. Minyak Lemon

Minyak lemon adalah contoh bahan alami lainnya berbahan dasar lemon yang bisa Anda andalkan ketika hendak mengatasi masalah gigi kuning yang mengganggu penampilan. Minyak lemon pun diketahui dan dipercaya betul berefektivitas tinggi dalam memutihkan gigi.

Caranya: Campurkanlah minyak kamomil dan minyak lemon masing-masing 3 tetes yang kemudian ditambahkan pada sekapsul arang aktif yang sudah dicampur dengan sesendok makan minyak kelapa. Larutan inilah yang bisa digunakan dengan memasukkannya ke dalam mulut, desirkan (bukan dikumurkan) selama 10 menitan dan buang sebelum kemudian Anda lanjutkan dengan menyikat gigi dengan pasta gigi biasa. Kumurlah dengan air biasa untuk membilas dan lakukan cara ini 1 minggu 1-2 kali.

  1. Kulit Lemon

Tak hanya daging buah, jus atau ekstrak lemon yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gigi kuning, tapi bagian kulitnya pun dapat kita andalkan untuk memutihkan gigi secara alami.


Caranya: Kupaslah lebih dulu 1 buah lemon yang kemudian diaplikasikan pada gigi yang kuning dan digosokkan pelan-pelan pada gigi selama paling tidak 1-2 menit lamanya. Barulah selanjutnya bisa Anda bilas menggunakan air bersih. Atau cara alternatifnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pasta dari campuran air dan kulit jeruk yang diblender lalu digunakan untuk menggosok gigi; setelahnya dibilas dengan air bersih. Salah satu cara tersebut bisa dicoba dilakukan seminggu 3 kali agar dapat memberikan hasil sempurna.

  1. Jus Lemon, Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Jus lemon pun bisa dikombinasikan dengan hidrogen peroksida serta baking soda untuk membuat gigi lebih putih dan cerah secara aman dan alami. Namun, tetap ketahui dan waspadai akan adanya bahaya baking soda dalam penggunaan berlebihan.

Caranya: Campurkanlah sesendok jus lemon segar dengan hidrogen peroksida dan baking soda masing-masing 1 sendok teh. Larutan campuran ini bisa digunakan sebagai pasta gigi untuk menyikat gigi selama 1-2 menit lamanya. Lanjutkan setelahnya dengan membersihkan gigi dan mulut dengan air biasa dan ulangi secara rutin. Bila tak memiliki persediaan hidrogen peroksida, gunakan cuka putih sebagai penggantinya.

  1. Jus Lemon dan Air

Sebagai obat kumur alami, Anda bisa mengombinasikan antara jus lemon dan air yang otomatis cara penggunaannya adalah dengan mengumurkan larutan.

Caranya: Dalam membuatnya, pastikan Anda mencampurkan air dan jus lemon dengan perbandingan 2:1 yang digunakan sebagai obat kumur alami. Setelah dikumurkan di dalam mulut, pastikan untuk membuangnya dan bersihkan mulut menggunakan air bersih untuk menghilangkan plak-plak, noda dan bakteri di dalamnya. Lakukan cara ini secara rutin, yakni seminggu 2 kali demi hasil paling efektif.

  1. Lemon dan Baking Soda

Karena kombinasi antara jus lemon dengan baking soda dapat mengunci kalsium pada enamel yang artinya gigi dapat menjadi jauh lebih cerah, putih dan kuat secara alami, maka tak ada salahnya bila Anda menggunakan kedua bahan ini untuk perawatan gigi rutin.

Caranya: Campurkan jus lemon dan baking soda dalam takaran masing-masing yang sama untuk membuat adonan pasta. Setelah jadi, aplikasikan langsung pada gigi dan tinggalkan di sana selama 1 menit. Sikatlah gigi menggunakan larutan ini selama 1-2 menit yang kemudian bisa dibersihkan menggunakan air biasa. Selanjutnya, gosoklah gigi dengan pasta gigi biasa untuk membersihkan larutan lemon dan baking soda sebelumnya.

Menggunakan cara ini seminggu paling tidak 2 kali akan memberikan hasil yang efektif dalam memutihkan gigi tanpa efek samping berbahaya, asalkan takarannya pun benar. Boleh juga bila Anda hendak menambahkan sejumput garam ke dalam larutan tersebut.

Itulah cara memutihkan gigi dengan lemon paling ampuh wajib untuk Anda coba bila bermasalah dengan gigi kuning. Mengapa perawatan perlu dilakukan hanya 1-2 kali dalam seminggu? Ini karena penggunaan lemon terlalu sering malah hanya akan merusak enamel gigi dan kadar kalsium sebab saking tingginya kandungan asam dari buah tersebut. Jadi, lakukan perawatan sesuai yang dianjurkan saja dan jangan terlalu sering supaya tidak merusakkan gigi.

The post 8 Cara Memutihkan Gigi dengan Lemon Paling Efektif appeared first on HaloSehat.

Alphacort – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama obat Alphacort? Sesuatu yang berhubungan dengan obat dan penyakit kulit? Ya, Alphacort adalah sediaan topikal berbentuk krim yang umumnya diaplikasikan pada kulit.

Obat Apa?

Alphacort adalah obat topikal berbentuk krim yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang merupakan penyebab kulit gatal dan gejala lainnya.  Obat ini termasuk ke dalam obat-obatan keras dengan logo K pada kemasannya dan harus digunakan dengan resep dokter.

Sekilas Kandungan Alphacort

Alphacort merupakan krim kortikosteroid yang mengandung betametasone valerat 1 % di dalam setiap tubenya.

Berikut beberapa penjelasan mengenai zat aktif Alphacort,

  • Betamethasone valerat adalah jenis obat yang masuk ke dalam golongan kortikosteroid (glukokortikoid).
  • Betamethasone umumnya digunakan untuk mengobati jenis-jenis penyakit kulit yang disertai peradangan seperti pada kondisi alergi, rematik, penyakit kulit, penyakit Crohn, merangsang pertumbuhan bayi pada kelahiran prematur, bahkan kanker sel darah putih atau yang biasa kita kenal dengan leukimia.
  • Mekanisme kerja betamethasone adalah mencegah dan mengatasi peradangan dengan cara menekan laju sintesis protein, membalikkan permeabilitas kapiler, menekan migrasi leukosit, dan stabilisasi lisosom.
  • Betamethasone sendiri dibagi ke dalam beberapa bentuk senyawa, antara lain, betamethasone valerat, betamethasone natrium fosfat, dan betamethasone dipropionat.
  • Betamethasone biasanya dikombinasikan dengan klotrimazole, gentamicin, dan asam salisilat.
  • Kombinasi-kombinasi di atas digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis.

Indikasi

Alphacort memiliki beberapa indikasi sebagai berikut,

  1. Mengobati dermatitis, yaitu suatu penyakit kulit yang biasanya ditandai dengan ruam kemerahan dan peradangan pada kulit dan menyebabkan gatal. Penyakit ini biasa disebut juga sebagai eksim dan tidak menular. Dermatitis umumnya terjadi dikarenakan kontak dengan berbagai zat pemicu reaksi alergi seperti perhiasan yang terbuat dari logam, sabun, dan zat kimia lainnya. Gejala dermatitis menimbulkan reaksi yang sangat tidak nyaman seperti kulit yang bernanah, melepuh, berkerak, dan mengelupas.
  2. Mengobati psoriasis, yaitu suatu penyakit kulit yang disertai peradangan dan biasanya sudah berlangsung cukup lama hingga bertahun-tahun. Umumnya berdasarkan jenisnya, penderita psoriasis menunjukkan kondisi mulai dari kulit yang terlihat seperti mengalami luka bakar, gerak semakin terbatas pada anggota tubuh yang terkena psoriasis, radang ketombe pada rambut, bintil-bintil berwarna putih hingga kuku yang patah dan mati pada kasus psoriasis kuku. Alphacort sendiri berfungsi mengobati psoriasis yang menimbulkan peradangan pada kulit.
  3. Meringankan gejala iritasi pada kulit seperti gatal, ruam kemerahan hingga radang dan kulit mengelupas
  4. Mengobati penyakit Bullous dermatitis herpetiformis. yaitu merupakan jenis penyakit kulit yang ditandai dengan gejala seperti lepuhan berisi air. Meski ada kata herpetiformis, penyakit ini sama sekali tidak ada keterkaitan dengan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes. Hanya saja penampakan gejalanya memiliki kemiripan dengan herpes yaitu kulit yang melepuh dan berisi cairan. Penyakit satu ini diduga berkaitan erat dengan kondisi alergi gluten atau biasa disebut intoleransi gluten. Penyakit DH umumnya ditemukan pada pasien dewasa dengan kisaran usia 20 hingga 40 tahun dan jarang ditemukan pada pasien usia anak-anak.
  5. Mengobati penyakit eksfoliatif eritroderma, yaitu jenis penyakit kulit yang cukup serius karena umumnya ditandai dengan skuam dan eritema yang meliputi hampir seluruh bagian tubuh.

  6. Mengobati penyakit mikosis fungoides, yaitu suatu penyakit jenis limfoma yang berada di dalam kulit. Gejala dari penyakit ini biasanya dimulai dengan gejala-gejala ringan seperti penebalan kulit yang terasa gatal, kemudian membentuk benjolan, dan perlahan akan mulai menyebar ke bagian tubuh lainnya. Mikosis fungoides ini biasanya terdeteksi pada pasien lanjut usia dan memiliki harapan hidup hingga beberapa tahun saja. Bahkan penyakit serius ini bisa berkembang ke arah leukemia dan sangat patut diwaspadai meski untuk gejala awalnya sangat sukar terdeteksi sedari dini.
  7. Mengobati pemfigus, semacam penyakit kulit yang berbahaya namun cukup langka dan jarang ditemui. Pemfigus memiliki gejala seperti bisul pada permukaan kulit atau membran mukosa pada alat kelamin maupun mulut. Benjolan yang ditimbulkan pemfigus ini sangat rawan pecah dan mengundang infeksi pada area yang terkena.
  8. Mengobati eritema multiforme (sindrom Stevens-Johnson), yaitu semacam penyakit kulit yang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Gejala penyakit ini umumnya berupa peradangan akut yang menyerang kulit dan membran mukosa yang menimbulkan beberapa lesi. 

Dosis

Dosis yang umum digunakan untuk Alphacort yaitu 2 hingga 3 kali sehari, dioleskan tipis dan secara merata pada kulit atau bagian yang terkena infeksi.

Cara penggunaan Alphacort

Untuk cara penggunaan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini,

  • Jika memungkinkan, sebaiknya Anda mandi terlebih dahulu, atau setidaknya bersihkan badan Anda dari keringat dan kotoran. Terutama bagian kulit yang terkena infeksi.
  • Cuci tangan Anda hingga bersih dengan menggunakan sabun sebelum membuka segel tube Alphacort.
  • Gunakan ujung jari atau cotton bud untuk mengambil sediaan Alphacort lalu oleskan tipis-tipis dan secara merata ke seluruh bagian kulit yang terkena infeksi.
  • Biarkan hingga Alphacort meresap ke dalam kulit sebelum Anda mengenakan pakaian yang menutupi area kulit terinfeksi dan kembali beraktifitas.

Cara Penyimpanan

Sebaiknya Anda menyimpan Alphacort dengan memerhatikan beberapa poin di bawah ini,

  • Simpan di dalam kotak obat tersendiri dan jika memungkinkan, pisahkan dengan sediaan per oral yang Anda miliki.
  • Simpan di tempat terpisah dengan sediaan yang memiliki bentuk kemasan mirip seperti salep untuk mata dan lainnya.
  • Jika Anda terpaksa menyimpan sediaan topikal (kulit) Alphacort dengan sediaan cream atau salep lainnya yang dikhususkan untuk penyakit mata, maka beri label khusus berisi keterangan singkat pada badan tube untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan.
  • Jauhkan dari sinar matahari langsung atau pun jangkauan anak-anak.

Efek Samping

Meski berupa sediaan topikal yang digunakan pada kulit, Alphacort tetap memiliki efek samping, seperti :

  • Menyebabkan iritasi pada kulit, misalnya ruam, rasa gatal hingga terbakar atau pun sensasi menyengat.
  • Penggunaan Alphacort juga berpotensi menyebabkan penipisan kulit.
  • Alphacort mampu mengubah warna dan pigmentasi pada kulit.
  • Menyebabkan strech mark pada kulit.
  • Mengakibatkan pembuluh darah halus berkumpul dan menonjol di bagian bawah kulit.
  • Merangsang pertumbuhan rambut pada kulit secara berlebihan dan tidak wajar.

Kontra Indikasi

Berikut beberapa kontra indikasi yang patut Anda waspadai sebelum menggunakan Alphacort,

  • Hindari penggunaan pada penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap betamethasone. Jika Anda mengalami gejala-gejala iritasi kulit yang menjurus ke arah alergi, sebaiknya hentikan penggunaan dan hubungi dokter.
  • Hindari penggunaan Alphacort yang dalam hal ini mengandung kortikosteroid pada pasien dengan herpes okuler simplex yang aktif.
  • Hindari penggunaan bersamaan dengan pemberian vaksin hidup atau yang dilemahkan. 

Perhatian dan peringatan

Tidak disarankan digunakan bersamaan dengan sediaan topikal antijamur seperti ketokonazole karena dapat meningkatkan efek farmakologisnya.

Meskipun Alphacort merupakan sediaan topikal, penggunaannya tetap harus melalui konsultasi dan diresepkan oleh dokter terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Alphacort merupakan golongan obat keras yang penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter dan memiliki sederet efek samping yang patut diwaspadai. Selain itu, hanya dokterlah yang mampu mendiagnosa jenis penyakit kulit yang Anda derita dan memutuskan jenis terapi yang tepat untuk penyakit tersebut.

Seperti yang kita tahu, begitu banyak jenis penyakit kulit yang memiliki gejala dan tanda yang mirip sehingga memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengenali jenis penyakit kulit yang sedang Anda derita. Jadi, kebijakan Anda sangat diperlukan sebelum menggunakan sediaan kulit Alphacort ini agar Anda mendapatkan efek terapi maksimal seperti yang diharapkan dan meminimalisir kesalahan penggunaan obat yang tidak sesuai dengan indikasi.

Salam sehat.

The post Alphacort – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping appeared first on HaloSehat.

14 Bahaya Bronkitis Wajib Untuk Diwaspadai

Bronkitis merupakan infeksi yang terjadi di saluran pernafasan khususnya paru paru atau bronkus dan akhirnya timbul peradangan atau inflamasi di saluran tersebut. Bronkitis yang termasuk jenis penyakit pernafasan ini akan menimbulkan gejala seperti batuk, sesak nafas, demam, kelelahan, hidung tersumbat dan juga demam ringan. Bronkitis sendiri terdiri dari 2 jenis yakni akut dan kronis. Bronkitis yang tidak segera diobati tentunya akan menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya saat infeksi sudah menyebar ke dalam paru paru yang akhirnya terisi cairan dan menyebabkan pernafasan manusia terganggu seperti bronkitis asmatis. Berikut ini adalah beberapa bahaya bronkitis yang bisa terjadi bahkan sampai mengancam nyawa.

  1. Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi yang menyerang paru paru dan menyebabkan kantong udara dalam paru paru jadi meradang kemudian bengkak. Penyakit yang juga sering disebut dengan paru paru basah ini bisa terjadi pada siapapun khususnya pada orang yang menderita bronkitis. Pneumonia yang terjadi pada anak anak bisa sangat fatal akibatnya yakni kematian.

WHO juga mengatakan jika penyakit pneumonis ini menjadi penyebab kematian dari 16% di dunia pada tahun 2015 dan untuk Indonesia sendiri ada 2 hingga 3 balita yang meninggal dunia setiap jam-nya. Penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa dengan kekebalan tubuh yang rendah. Selain itu, perokok yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah juga meningkatkan risiko infeksi pneumonia ini yakni bakteri sekunder sesudah serangan bronkitis.

  1. Penyakit Paru Obstruktif Kronik [PPOK]

PPOK bisa terjadi karena rusaknya jalur udara pada paru paru yang disebabkan bronkitis kronis. PPOK ini akan membuat pernafasan tidak berjalan dengan normal, penyebab dada sesak dan menjadi penyebab kematian karena gagal pernafasan apabila kerusakan yang terjadi pada paru paru meluas dan bertambah parah.

  1. Emfisema

Emfisema merupakan penyakit progresif jangka panjang di paru paru yang membuat nafas penderita bronkitis menjadi lebih pendek. Secara perlahan, kerusakan jaringan paru ini akan merusak elastisitas paru paru. Kantong udara paru paru akan rusak dan akan mengganggu pergantian udara kotor dan bersih sehingga oksigen yang masuk dan karbondioksida yang keluar dari paru paru tidak berjalan normal yang merupakan penyebab emfisema.

  1. Efusi Pleura

Efusi pleura merupakan bahaya berikutnya yang bisa ditimbulkan karena bronkitis dimana penumpukan cairan di dua lapisan pleura terjadi. Pleura adalah membran yang menjadi pemisah antara paru dengan dinding dada bagian dalam. Cairan yang diproduksi pleura tersebut berfungsi untuk pelumas yang akan melancarkan paru paru saat bernafas. Saat cairan ini berlebihan dan menumpuk, maka menimbulkan berbagai bahaya seperti kanker paru paru, sirosis atau penyebab pengerasan hati serta penurunan fungsi hati dan juga gagal jantung.

  1. Abses Paru

Bahaya bronkitis yang tidak segera diatasi berikutnya adalah abses paru yang terjadi karena infeksi bakteri . Abses paru ini menyebabkan nanah pada organ paru paru yang tentunya sangat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Abses paru terbagi menjadi 2 jenis yakni primer serta sekunder dimana saat semakin berkembang maka akan menyebabkan nanah semakin banyak dan berkembang dalam paru yang akhirnya menyebabkan kematian.

  1. Endokarditis

Endokarditis merupakan infeksi yang terjadi pada lapisan dalam jantung yang juga bisa mengancam nyawa. Apabila endokarditis ini tidak segera ditangani maka bisa berkembang semakin parah dan menimbulkan gagal jantung kongestif sebab katup jantung rusak dan lapisan dalam jantung hancur permanen, stroke dan rusaknya organ karena gumpalan bakteri serta fragmen sel terbentuk di jantung yang terinfeksi dan akhirnya pecah dan menjalar ke organ lain dan lain sebagainya.

  1. Keracunan Darah

Keracunan darah atau septikemia merupakan komplikasi dari bronkitis yang memang jarang terjadi. Gejala yang ditimbulkan dari keracunan darah adalah perubahan perilaku mental, kebingungan dan juga disorientasi, detak jantung meningkat dan suhu tubuh meningkat.


  1. Polycythemia

Polycythemia merupakan kondisi dimana sel sel darah merah yang bersikulasi dalam aliran darah mengalami peningkatan sehingga jumlah sel darah merah melebihi dari batas normal. Penyakit kelebihan darah ini termasuk dalam jenis kanker darah yang langka dan terjadi saat sumsum tulang menghasilkan sel darah merah dengan jumlah berlebihan dan terjadi juga pada trombosit serta sel darah putih. Saat semakin berkembang, Polycythemia ini akan menyebabkan leukemia dan akhirnya bisa mengancam nyawa penderita bronkitis.

  1. Abses Otak

Abses otak atau efusi pleura merupakan penimbunan nanah yang terjadi di dalam otak dan salah satu penyebabnya adalah karena bronkitis. Abses otak bisa menimbulkan berbagai gejala seperti muntah, mual, rasa mengantuk, sakit kepala, kejang dan perubahan kepribadian serta menurunnya fungsi otak. Ini merupakan masalah yang sangat serius sebab kerusakan otak bisa permanen jika tidak segera mendapatkan penanganan serius.

  1. Hemopthoe

Hemopthoe merupakan batuk darah atau sputum berdarah dimana darah yang keluar tersebut berasal dari paru paru dan saluran pernafasan karena bronkitis. Hemopthoe atau batuk darah merupakan ekspektorasi darah atau dahak yang mengandung darah dari saluran nafas yang letaknya dibawah pita suara.

  1. Amiloidosis

Amiloidosis merupakan bahaya bronkitis selanjutnya dimana protein bernama amiloid menumpuk pada jaringan dan juga organ tubuh. Saat ini terjadi, maka kinerja tubuh juga akan menurun dan menjadi masalah kesehatan serius sebab bisa menimbulkan gagal organ yang sangat mengancam jiwa.

  1. Atelektasis

Atelektasis merupakan mengerutnya sebagian paru paru yang terjadi karena penyumbatan utama atau bronkus karena bronkitis atau akibat dari pernafasanyang dangkal. Penyebab paru paru mengecil sebelah atau atelektasis dalam jangka panjang akan berubah menjadi sinroma lobus medialis yakni lobus media dan juga paru paru kanan mengalami pengerutan.

  1. Bronkiektasis

Bronkiektasis adalah rusak dan melebarnya saluran pernafasan dimana dinding bronkus rusak dan mengalami peradangan yang kronis dan sel silia menjadi rusak kemudian membentuk lendir yang semakin meningkat. Saat lendir yang terbentuk semakin banyak dan pekat, maka saluran pernafasan jadi terganggu kemudian membuat penderita bronkitis mengalami sulit bernafas.

  1. Kematian

Kematian menjadi bahaya bronkitis yang paling berbahaya meskipun kasusnya terbilang jarang terjadi. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan jika virus pernafasan bisa menyebabkan sekitar 8 kematian bayi pada usia dibawah 1 tahun setiap 100 ribu orang.

Bahaya bronkitis yang merupakan jenis penyakit pernafasan ini bisa mengembangkan komplikasi penyakit yang jauh lebih parah dan bisa mengancam nyawa. Salah satu cara terbaik adalah dengan langkah pencegahan bronkitis dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang baik untuk bronkitis.

The post 14 Bahaya Bronkitis Wajib Untuk Diwaspadai appeared first on HaloSehat.

14 Bahaya Bronkitis Wajib Untuk Diwaspadai

Bronkitis merupakan infeksi yang terjadi di saluran pernafasan khususnya paru paru atau bronkus dan akhirnya timbul peradangan atau inflamasi di saluran tersebut. Bronkitis yang termasuk jenis penyakit pernafasan ini akan menimbulkan gejala seperti batuk, sesak nafas, demam, kelelahan, hidung tersumbat dan juga demam ringan. Bronkitis sendiri terdiri dari 2 jenis yakni akut dan kronis. Bronkitis yang tidak segera diobati tentunya akan menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya saat infeksi sudah menyebar ke dalam paru paru yang akhirnya terisi cairan dan menyebabkan pernafasan manusia terganggu seperti bronkitis asmatis. Berikut ini adalah beberapa bahaya bronkitis yang bisa terjadi bahkan sampai mengancam nyawa.

  1. Pneumonia

Pneumonia merupakan infeksi yang menyerang paru paru dan menyebabkan kantong udara dalam paru paru jadi meradang kemudian bengkak. Penyakit yang juga sering disebut dengan paru paru basah ini bisa terjadi pada siapapun khususnya pada orang yang menderita bronkitis. Pneumonia yang terjadi pada anak anak bisa sangat fatal akibatnya yakni kematian.

WHO juga mengatakan jika penyakit pneumonis ini menjadi penyebab kematian dari 16% di dunia pada tahun 2015 dan untuk Indonesia sendiri ada 2 hingga 3 balita yang meninggal dunia setiap jam-nya. Penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa dengan kekebalan tubuh yang rendah. Selain itu, perokok yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah juga meningkatkan risiko infeksi pneumonia ini yakni bakteri sekunder sesudah serangan bronkitis.

  1. Penyakit Paru Obstruktif Kronik [PPOK]

PPOK bisa terjadi karena rusaknya jalur udara pada paru paru yang disebabkan bronkitis kronis. PPOK ini akan membuat pernafasan tidak berjalan dengan normal, penyebab dada sesak dan menjadi penyebab kematian karena gagal pernafasan apabila kerusakan yang terjadi pada paru paru meluas dan bertambah parah.

  1. Emfisema

Emfisema merupakan penyakit progresif jangka panjang di paru paru yang membuat nafas penderita bronkitis menjadi lebih pendek. Secara perlahan, kerusakan jaringan paru ini akan merusak elastisitas paru paru. Kantong udara paru paru akan rusak dan akan mengganggu pergantian udara kotor dan bersih sehingga oksigen yang masuk dan karbondioksida yang keluar dari paru paru tidak berjalan normal yang merupakan penyebab emfisema.

  1. Efusi Pleura

Efusi pleura merupakan bahaya berikutnya yang bisa ditimbulkan karena bronkitis dimana penumpukan cairan di dua lapisan pleura terjadi. Pleura adalah membran yang menjadi pemisah antara paru dengan dinding dada bagian dalam. Cairan yang diproduksi pleura tersebut berfungsi untuk pelumas yang akan melancarkan paru paru saat bernafas. Saat cairan ini berlebihan dan menumpuk, maka menimbulkan berbagai bahaya seperti kanker paru paru, sirosis atau penyebab pengerasan hati serta penurunan fungsi hati dan juga gagal jantung.

  1. Abses Paru

Bahaya bronkitis yang tidak segera diatasi berikutnya adalah abses paru yang terjadi karena infeksi bakteri . Abses paru ini menyebabkan nanah pada organ paru paru yang tentunya sangat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Abses paru terbagi menjadi 2 jenis yakni primer serta sekunder dimana saat semakin berkembang maka akan menyebabkan nanah semakin banyak dan berkembang dalam paru yang akhirnya menyebabkan kematian.

  1. Endokarditis

Endokarditis merupakan infeksi yang terjadi pada lapisan dalam jantung yang juga bisa mengancam nyawa. Apabila endokarditis ini tidak segera ditangani maka bisa berkembang semakin parah dan menimbulkan gagal jantung kongestif sebab katup jantung rusak dan lapisan dalam jantung hancur permanen, stroke dan rusaknya organ karena gumpalan bakteri serta fragmen sel terbentuk di jantung yang terinfeksi dan akhirnya pecah dan menjalar ke organ lain dan lain sebagainya.

  1. Keracunan Darah

Keracunan darah atau septikemia merupakan komplikasi dari bronkitis yang memang jarang terjadi. Gejala yang ditimbulkan dari keracunan darah adalah perubahan perilaku mental, kebingungan dan juga disorientasi, detak jantung meningkat dan suhu tubuh meningkat.


  1. Polycythemia

Polycythemia merupakan kondisi dimana sel sel darah merah yang bersikulasi dalam aliran darah mengalami peningkatan sehingga jumlah sel darah merah melebihi dari batas normal. Penyakit kelebihan darah ini termasuk dalam jenis kanker darah yang langka dan terjadi saat sumsum tulang menghasilkan sel darah merah dengan jumlah berlebihan dan terjadi juga pada trombosit serta sel darah putih. Saat semakin berkembang, Polycythemia ini akan menyebabkan leukemia dan akhirnya bisa mengancam nyawa penderita bronkitis.

  1. Abses Otak

Abses otak atau efusi pleura merupakan penimbunan nanah yang terjadi di dalam otak dan salah satu penyebabnya adalah karena bronkitis. Abses otak bisa menimbulkan berbagai gejala seperti muntah, mual, rasa mengantuk, sakit kepala, kejang dan perubahan kepribadian serta menurunnya fungsi otak. Ini merupakan masalah yang sangat serius sebab kerusakan otak bisa permanen jika tidak segera mendapatkan penanganan serius.

  1. Hemopthoe

Hemopthoe merupakan batuk darah atau sputum berdarah dimana darah yang keluar tersebut berasal dari paru paru dan saluran pernafasan karena bronkitis. Hemopthoe atau batuk darah merupakan ekspektorasi darah atau dahak yang mengandung darah dari saluran nafas yang letaknya dibawah pita suara.

  1. Amiloidosis

Amiloidosis merupakan bahaya bronkitis selanjutnya dimana protein bernama amiloid menumpuk pada jaringan dan juga organ tubuh. Saat ini terjadi, maka kinerja tubuh juga akan menurun dan menjadi masalah kesehatan serius sebab bisa menimbulkan gagal organ yang sangat mengancam jiwa.

  1. Atelektasis

Atelektasis merupakan mengerutnya sebagian paru paru yang terjadi karena penyumbatan utama atau bronkus karena bronkitis atau akibat dari pernafasanyang dangkal. Penyebab paru paru mengecil sebelah atau atelektasis dalam jangka panjang akan berubah menjadi sinroma lobus medialis yakni lobus media dan juga paru paru kanan mengalami pengerutan.

  1. Bronkiektasis

Bronkiektasis adalah rusak dan melebarnya saluran pernafasan dimana dinding bronkus rusak dan mengalami peradangan yang kronis dan sel silia menjadi rusak kemudian membentuk lendir yang semakin meningkat. Saat lendir yang terbentuk semakin banyak dan pekat, maka saluran pernafasan jadi terganggu kemudian membuat penderita bronkitis mengalami sulit bernafas.

  1. Kematian

Kematian menjadi bahaya bronkitis yang paling berbahaya meskipun kasusnya terbilang jarang terjadi. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan jika virus pernafasan bisa menyebabkan sekitar 8 kematian bayi pada usia dibawah 1 tahun setiap 100 ribu orang.

Bahaya bronkitis yang merupakan jenis penyakit pernafasan ini bisa mengembangkan komplikasi penyakit yang jauh lebih parah dan bisa mengancam nyawa. Salah satu cara terbaik adalah dengan langkah pencegahan bronkitis dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang baik untuk bronkitis.

The post 14 Bahaya Bronkitis Wajib Untuk Diwaspadai appeared first on HaloSehat.

Antara Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Sehat dan Bergizi?

Apel merupakan buah yang umum ditemukan diseluruh penjuru dunia. Di seluruh dunia, terdapat kurang lebih 7.500 jenis apel. Bila Anda berbelanja ke pasar atau ke supermarket, maka kita dapat melihat berbagai macam buah apel untuk dibeli. Ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna merah. Dari rasanya, apel merah dan apel hijau sudah berbeda. Apel merah lebih manis. Apel hijau memiliki kombinasi rasa manis dan asam.

Di samping perbedaan cita rasa apel merah dan apel hijau, apakah ada perbedaan kandungan nutrisinya? Apakah ada jenis apel yang lebih sehat? Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

Manfaat apel bagi kesehatan

Satu buah apel mengandung kurang dari 100 kalori. Apel merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Apel juga merupakan sumber serat pektin (sebuah apel mengandung 4-5 gram pektin). Pektin merupakan serat yang mengikat kolesterol dan memperlambat penyerapan glukosa.

Dengan mengkonsumsi sebuah apel ukuran sedang, 14 persen kebutuhan vitamin C harian dapat terpenuhi. Apel mengandung antioksidan dan fitokimia yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit Alzheimer, kanker paru, penyakit jantung, kanker payudara, diabetes, dan lain-lain.

Mana yang lebih sehat, apel merah atau apel hijau?

Ternyata warna kulit apel yang berbeda ini berpengaruh terhadap manfaatnya pada kesehatan. Baik apel hijau dan apel merah sama-sama mengandung jumlah serat dan vitamin C yang sama.

Namun, apel merah memiliki kandungan beta karoten yang lebih tinggi dari apel hijau hingga 50 persen. Hal ini disebabkan oleh warna merah tersebut. Kandungan beta karoten ini berfungsi sebagai antioksidan. Namun, beberapa sumber lain menyebutkan perbedaan kandungan ini tidak begitu drastis.

Antioksidan pada apel merah juga ditemukan dari pigmen antosianin yang memberikan warna merah pada kulit apel tersebut. Selain bertindak sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas, antosianin berperan dalam proses anti radang, antivirus, dan diduga berperan dalam proses anti kanker.

Akan tetapi, apel hijau ternyata memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang lebih rendah 10 persen dibandingkan dengan apel merah.  Apel hijau juga memiliki porlifenol yang berperan sebagai antioksidan. Sebuah studi pada tahun 2014 menyebutkan kandungan polifenol dan serat pada apel hijau dapat meningkatkan bakteri menguntungkan pada usus, di mana bakteri-bakteri ini berkurang pada orang dengan obesitas. Kurangnya bakteri baik pada orang obesitas meningkatkan risiko gangguan metabolik dan peradangan pada orang obesitas. Melalui konsumsi apel hijau secara rutin, diharapkan efek buruk tersebut dapat dicegah.

Jadi harus pilih jenis apel yang mana?

Kedua apel memiliki keunggulan masing-masing. Konsumsinya disesuaikan dengan apa yang ingin dicapai untuk diri Anda. Bila target Anda adalah untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah, maka apel hijau menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi.

Bila target Anda adalah untuk meningkatkan antioksidan dan mencegah penuaan, maka apel merah menjadi alternatif yang dapat dipilih. Kedua apel sama-sama memiliki efek baik pada kesehatan. Maka, tak ada salahnya juga untuk mengganti-ganti jenis apel yang Anda konsumsi agar nutrisinya dan manfaatnya beragam pula.

The post Antara Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Sehat dan Bergizi? appeared first on Hello Sehat.

Antara Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Sehat dan Bergizi?

Apel merupakan buah yang umum ditemukan diseluruh penjuru dunia. Di seluruh dunia, terdapat kurang lebih 7.500 jenis apel. Bila Anda berbelanja ke pasar atau ke supermarket, maka kita dapat melihat berbagai macam buah apel untuk dibeli. Ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna merah. Dari rasanya, apel merah dan apel hijau sudah berbeda. Apel merah lebih manis. Apel hijau memiliki kombinasi rasa manis dan asam.

Di samping perbedaan cita rasa apel merah dan apel hijau, apakah ada perbedaan kandungan nutrisinya? Apakah ada jenis apel yang lebih sehat? Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

Manfaat apel bagi kesehatan

Satu buah apel mengandung kurang dari 100 kalori. Apel merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol. Apel juga merupakan sumber serat pektin (sebuah apel mengandung 4-5 gram pektin). Pektin merupakan serat yang mengikat kolesterol dan memperlambat penyerapan glukosa.

Dengan mengkonsumsi sebuah apel ukuran sedang, 14 persen kebutuhan vitamin C harian dapat terpenuhi. Apel mengandung antioksidan dan fitokimia yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit Alzheimer, kanker paru, penyakit jantung, kanker payudara, diabetes, dan lain-lain.

Mana yang lebih sehat, apel merah atau apel hijau?

Ternyata warna kulit apel yang berbeda ini berpengaruh terhadap manfaatnya pada kesehatan. Baik apel hijau dan apel merah sama-sama mengandung jumlah serat dan vitamin C yang sama.

Namun, apel merah memiliki kandungan beta karoten yang lebih tinggi dari apel hijau hingga 50 persen. Hal ini disebabkan oleh warna merah tersebut. Kandungan beta karoten ini berfungsi sebagai antioksidan. Namun, beberapa sumber lain menyebutkan perbedaan kandungan ini tidak begitu drastis.

Antioksidan pada apel merah juga ditemukan dari pigmen antosianin yang memberikan warna merah pada kulit apel tersebut. Selain bertindak sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas, antosianin berperan dalam proses anti radang, antivirus, dan diduga berperan dalam proses anti kanker.

Akan tetapi, apel hijau ternyata memiliki kadar kalori dan karbohidrat yang lebih rendah 10 persen dibandingkan dengan apel merah.  Apel hijau juga memiliki porlifenol yang berperan sebagai antioksidan. Sebuah studi pada tahun 2014 menyebutkan kandungan polifenol dan serat pada apel hijau dapat meningkatkan bakteri menguntungkan pada usus, di mana bakteri-bakteri ini berkurang pada orang dengan obesitas. Kurangnya bakteri baik pada orang obesitas meningkatkan risiko gangguan metabolik dan peradangan pada orang obesitas. Melalui konsumsi apel hijau secara rutin, diharapkan efek buruk tersebut dapat dicegah.

Jadi harus pilih jenis apel yang mana?

Kedua apel memiliki keunggulan masing-masing. Konsumsinya disesuaikan dengan apa yang ingin dicapai untuk diri Anda. Bila target Anda adalah untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah, maka apel hijau menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi.

Bila target Anda adalah untuk meningkatkan antioksidan dan mencegah penuaan, maka apel merah menjadi alternatif yang dapat dipilih. Kedua apel sama-sama memiliki efek baik pada kesehatan. Maka, tak ada salahnya juga untuk mengganti-ganti jenis apel yang Anda konsumsi agar nutrisinya dan manfaatnya beragam pula.

The post Antara Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Sehat dan Bergizi? appeared first on Hello Sehat.

6 Tips Berhubungan Intim untuk Pria Berumur

Seiring dengan bertambahnya usia, kegiatan seks tidak lagi sama seperti saat Anda masih muda. Ada banyak perubahan yang terjadi, baik secara fisik maupun mental. Namun, hal itu tidak menghalangi Anda dan pasangan untuk dapat menikmati kepuasan seperti saat muda dulu. Banyak orang lanjut usia (lansia) yang terus bisa menikmati kehidupan seksual mereka hingga usia 80-an bahkan seterusnya. Melakukan seks saat tua dapat menjaga keintiman Anda dengan pasangan.

Apa perubahan yang terjadi saat pria bertambah tua?

Seiring dengan bertambahnya usia, kadar testosteron akan menurun dan perubahan fungsi seksual biasanya terjadi. Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menyumbang perubahan seksual terkait usia. Perubahan ini bisa menunjukkan ciri-cirinya secara perlahan atau bahkan datang begitu saja dengan mengejutkan. Perubahan fisik yang dilansir dari situs kesehatan Mayo Clinic antara lain:

  • Orgasme menjadi lebih singkat.
  • Ejakulasi kurang kuat dan air mani menjadi lebih sedikit.
  • Butuh waktu lebih lama untuk mencapai ereksi.
  • Kesulitan mempertahankan ereksi.

Anda mungkin merasa sedikit cemas tentang perubahan ini, tapi ingat perubahan ini bukanlah akhir dari kenikmatan seks. Beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada tubuh dapat membantu Anda mempertahankan kehidupan seks saat tua agar tetap sehat dan memuaskan.

Tips berhubungan seks bagi pria berumur

Seks dan keintiman menjadi bagian berharga dari hidup Anda. Salah satu cara mencapai keintiman ini ialah dengan berhubungan seks. Melakukan seks saat tua akan tetap menyenangkan asalkan Anda tahu cara menyiasatinya. Jangan takut akan perubahan pada diri Anda. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kehidupan seks Anda agar tetap sehat dan menyenangkan di usia senja:

1. Berbicara dari hati ke hati pada pasangan

Seks yang baik bergantung pada komunikasi yang terbuka dari pasangan Anda. Seiring bertambahnya usia Anda dan pasangan, maka segalanya akan berubah, termasuk kehidupan seksual. Perubahan ini tentu membutuhkan pengertian serta kesabaran dari kedua belah pihak.

Dengan menjaga komunikasi dengan berbicara secara terbuka dan dari hati ke hati, maka keintiman pun agar tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu Anda dan pasangan akan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi tanpa perdebatan yang dapat memicu konflik.

2. Jaga kondisi kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat

Kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, penyakit jantung, dan penyakit kronis tertentu dapat membuat Anda dan pasangan sulit mendapatkan kehidupan seks yang sehat. Dengan melakukan gaya hidup sehat, Anda secara otomatis mengurangi dampak negatif yang mungkin terjadi pada kehidupan seks Anda.

Menghindari alkohol dan rokok bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh yang akan berdampak pada kehidupan seks Anda. Alkohol dan rokok dapat dapat menghalangi kemampuan seseorang untuk mencapai ereksi. Kedua zat ini mengubah aliran darah di tubuh Anda dan bisa membatasi jumlah darah yang masuk ke penis. Hal inilah yang menyebabkan ketidakmampuan pria untuk mengalami ereksi, sulit mempertahankan ereksi atau ereksi yang tidak sekuat biasanya.

Selain itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan sehat dan menjaga berat tubuh agar tidak terjadi obesitas. Kelebihan berat badan membuat tekanan pada tubuh Anda yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang pada akhirnya mengganggu kehidupan seks normal. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan menurunkan kelebihan berat badan Anda bisa mencegah masalah seksual.

3. Bereksperimen dengan waktu dan posisi seks

Terkadang, mengubah waktu dan posisi seks bisa meringankan masalah seksual. Anda bisa menyesuaikan hal ini dengan kondisi kesehatan Anda. Coba perhatikan, apakah masalah kesehatan Anda berkurang pada pagi atau malam hari? Maka Anda dan pasangan dapat berhubungan intim ketika rasa sakit di tubuh Anda tidak sedang kambuh.

Berganti posisi seksual juga bisa membantu mengurangi rasa sakit ketika berhubungan seksual, terutama yang berhubungan dengan radang sendi. Sehingga, melakukan seks saat tua tetap terasa menyenangkan.

4. Usahakan untuk tetap aktif secara seksual

Intensitas seks yang rutin bisa meningkatkan performa seksual Anda. Bahkan membantu Anda untuk hidup lebih lama. Mengurangi seks atau bahkan tidak melakukan seks sama sekali dalam jangka waktu yang lama akan membuat Anda lebih sulit secara seksual nantinya. Untuk itu, jangan biarkan perubahan fisik dan hormon menghalangi Anda dan pasangan untuk melakukan seks.

5. Kelola emosi Anda dalam menghadapi perubahan fungsi seksual

Seiring bertambahnya usia, Anda pasti mengalami perubahan tertentu dalam fungsi seksual. Bila terjadi perubahan ini, jangan panik. Sebaliknya, anggap mereka sebagai masalah yang harus dipecahkan. Jika Anda bereaksi secara emosional terhadap masalah ini, Anda bisa memperburuknya.

6. Melakukan seks dengan aman

Semua orang yang aktif secara seksual harus memerhatikan cara seks mereka, apakah dilakukan dengan aman atau tidak. Penyakit menular seksual dan HIV meningkat pada orang dewasa yang lebih tua. Anda tidak bisa berasumsi bahwa hubungan seks Anda dan pasangan bebas risiko hanya karena Anda dan pasangan Anda menjadi semakin tua.

Sebenarnya, seiring bertambahnya usia pasangan seksual Anda, maka riwayat seksualnya pun menjadi lebih banyak. Untuk itu, tetap lakukan seks yang aman agar Anda dan pasagan terhindar dari risiko penyakit menular seksual.

Tanamkan dalam pikiran bahwa seiring bertambahnya usia, wajar jika banyak terjadi perubahan kemampuan dan kebutuhan seksual Anda dan pasangan. Anda tetap perlu terbuka untuk menemukan cara baru menikmati seks saat tua.

The post 6 Tips Berhubungan Intim untuk Pria Berumur appeared first on Hello Sehat.

6 Tips Berhubungan Intim untuk Pria Berumur

Seiring dengan bertambahnya usia, kegiatan seks tidak lagi sama seperti saat Anda masih muda. Ada banyak perubahan yang terjadi, baik secara fisik maupun mental. Namun, hal itu tidak menghalangi Anda dan pasangan untuk dapat menikmati kepuasan seperti saat muda dulu. Banyak orang lanjut usia (lansia) yang terus bisa menikmati kehidupan seksual mereka hingga usia 80-an bahkan seterusnya. Melakukan seks saat tua dapat menjaga keintiman Anda dengan pasangan.

Apa perubahan yang terjadi saat pria bertambah tua?

Seiring dengan bertambahnya usia, kadar testosteron akan menurun dan perubahan fungsi seksual biasanya terjadi. Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menyumbang perubahan seksual terkait usia. Perubahan ini bisa menunjukkan ciri-cirinya secara perlahan atau bahkan datang begitu saja dengan mengejutkan. Perubahan fisik yang dilansir dari situs kesehatan Mayo Clinic antara lain:

  • Orgasme menjadi lebih singkat.
  • Ejakulasi kurang kuat dan air mani menjadi lebih sedikit.
  • Butuh waktu lebih lama untuk mencapai ereksi.
  • Kesulitan mempertahankan ereksi.

Anda mungkin merasa sedikit cemas tentang perubahan ini, tapi ingat perubahan ini bukanlah akhir dari kenikmatan seks. Beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada tubuh dapat membantu Anda mempertahankan kehidupan seks saat tua agar tetap sehat dan memuaskan.

Tips berhubungan seks bagi pria berumur

Seks dan keintiman menjadi bagian berharga dari hidup Anda. Salah satu cara mencapai keintiman ini ialah dengan berhubungan seks. Melakukan seks saat tua akan tetap menyenangkan asalkan Anda tahu cara menyiasatinya. Jangan takut akan perubahan pada diri Anda. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kehidupan seks Anda agar tetap sehat dan menyenangkan di usia senja:

1. Berbicara dari hati ke hati pada pasangan

Seks yang baik bergantung pada komunikasi yang terbuka dari pasangan Anda. Seiring bertambahnya usia Anda dan pasangan, maka segalanya akan berubah, termasuk kehidupan seksual. Perubahan ini tentu membutuhkan pengertian serta kesabaran dari kedua belah pihak.

Dengan menjaga komunikasi dengan berbicara secara terbuka dan dari hati ke hati, maka keintiman pun agar tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu Anda dan pasangan akan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi tanpa perdebatan yang dapat memicu konflik.

2. Jaga kondisi kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat

Kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, penyakit jantung, dan penyakit kronis tertentu dapat membuat Anda dan pasangan sulit mendapatkan kehidupan seks yang sehat. Dengan melakukan gaya hidup sehat, Anda secara otomatis mengurangi dampak negatif yang mungkin terjadi pada kehidupan seks Anda.

Menghindari alkohol dan rokok bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh yang akan berdampak pada kehidupan seks Anda. Alkohol dan rokok dapat dapat menghalangi kemampuan seseorang untuk mencapai ereksi. Kedua zat ini mengubah aliran darah di tubuh Anda dan bisa membatasi jumlah darah yang masuk ke penis. Hal inilah yang menyebabkan ketidakmampuan pria untuk mengalami ereksi, sulit mempertahankan ereksi atau ereksi yang tidak sekuat biasanya.

Selain itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan sehat dan menjaga berat tubuh agar tidak terjadi obesitas. Kelebihan berat badan membuat tekanan pada tubuh Anda yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang pada akhirnya mengganggu kehidupan seks normal. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan menurunkan kelebihan berat badan Anda bisa mencegah masalah seksual.

3. Bereksperimen dengan waktu dan posisi seks

Terkadang, mengubah waktu dan posisi seks bisa meringankan masalah seksual. Anda bisa menyesuaikan hal ini dengan kondisi kesehatan Anda. Coba perhatikan, apakah masalah kesehatan Anda berkurang pada pagi atau malam hari? Maka Anda dan pasangan dapat berhubungan intim ketika rasa sakit di tubuh Anda tidak sedang kambuh.

Berganti posisi seksual juga bisa membantu mengurangi rasa sakit ketika berhubungan seksual, terutama yang berhubungan dengan radang sendi. Sehingga, melakukan seks saat tua tetap terasa menyenangkan.

4. Usahakan untuk tetap aktif secara seksual

Intensitas seks yang rutin bisa meningkatkan performa seksual Anda. Bahkan membantu Anda untuk hidup lebih lama. Mengurangi seks atau bahkan tidak melakukan seks sama sekali dalam jangka waktu yang lama akan membuat Anda lebih sulit secara seksual nantinya. Untuk itu, jangan biarkan perubahan fisik dan hormon menghalangi Anda dan pasangan untuk melakukan seks.

5. Kelola emosi Anda dalam menghadapi perubahan fungsi seksual

Seiring bertambahnya usia, Anda pasti mengalami perubahan tertentu dalam fungsi seksual. Bila terjadi perubahan ini, jangan panik. Sebaliknya, anggap mereka sebagai masalah yang harus dipecahkan. Jika Anda bereaksi secara emosional terhadap masalah ini, Anda bisa memperburuknya.

6. Melakukan seks dengan aman

Semua orang yang aktif secara seksual harus memerhatikan cara seks mereka, apakah dilakukan dengan aman atau tidak. Penyakit menular seksual dan HIV meningkat pada orang dewasa yang lebih tua. Anda tidak bisa berasumsi bahwa hubungan seks Anda dan pasangan bebas risiko hanya karena Anda dan pasangan Anda menjadi semakin tua.

Sebenarnya, seiring bertambahnya usia pasangan seksual Anda, maka riwayat seksualnya pun menjadi lebih banyak. Untuk itu, tetap lakukan seks yang aman agar Anda dan pasagan terhindar dari risiko penyakit menular seksual.

Tanamkan dalam pikiran bahwa seiring bertambahnya usia, wajar jika banyak terjadi perubahan kemampuan dan kebutuhan seksual Anda dan pasangan. Anda tetap perlu terbuka untuk menemukan cara baru menikmati seks saat tua.

The post 6 Tips Berhubungan Intim untuk Pria Berumur appeared first on Hello Sehat.

Hati-hati, Kurang Minum Bisa Sebabkan Radang Usus Buntu!

Air merupakan unsur penting yang ada dalam tubuh manusia. Maka itu, penting sekali untuk minum air dan mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap hari. Lalu, apa bahayanya jika tubuh kurang mendapatkan asupan cairan? Ternyata selain dehidrasi, kurang minum juga bisa jadi salah satu penyebab usus buntu. Tunggu dulu, bagaimana bisa kurang air jadi penyebab usus buntu? Begini penjelasan lengkapnya.

Sebenarnya di mana letak usus buntu?

Usus buntu bukanlah nama penyakit. Usus dalam tubuh manusia sendiri bermacam-macam, mulai dari usus halus, usus buntu, dan usus besar. Usus buntu adalah bagian dari usus dalam tubuh manusia yang merupakan bagian kecil usus yang berada di perut kanan bawah, yang bentuknya hanya berupa jalur tonjolan kecil yang buntu di ujung bawah. Panjang usus buntu sendiri hanya berkisar dari 8-13 cm.

Peradangan pada usus buntu inilah yang kemudian akan menimbulkan gejala dan disebut sebagai radang usus buntu atau appendisitis. Namun, karena banyak orang keliru menyebut “usus buntu” sebagai penyakitnya, bukan sebagai anggota tubuh itu sendiri, istilah tersebut justru lebih sering digunakan untuk membahasakan penyakit radang usus buntu.

Radang usus buntu bisa terjadi akibat tersumbatnya saluran usus buntu

Salah satu penyebab radang usus buntu adalah penyumbatan yang terjadi pada saluran usus buntu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, usus buntu hanya berupa saluran yang menuju pada tonjolan kecil dengan ujung yang buntu. Jika saluran menuju usus buntu tersebut tersumbat, tentu tidak ada lagi jalan keluar ke mana pun.

Di lain sisi, usus, tak terkecuali usus buntu, juga terus mengeluarkan cairan atau lendir yang dibutuhkan oleh saluran pencernaan. Dapat dibayangkan dengan adanya penyumbatan tanpa jalan keluar dan lendir yang terus dikeluarkan dari lapisan usus, lama-lama akan menyebabkan peningkatan tekanan dalam usus buntu dan pada akhirnya dapat menyebabkan peradangan. Bila sudah parah, usus buntu pun bisa saja pecah dan menyebabkan kematian.

Kenapa kurang minum bisa jadi penyebab usus buntu?

Penyebab penyumbatan tersering pada saluran usus buntu adalah feses. Namun, feses yang dimaksud adalah yang sudah mengeras akibat penumpukan feses di dalam saluran cerna. Feses semacam ini disebut fecalith. Fecalith kecil yang berada di dalam usus bisa terjebak masuk dan akhirnya menyumbat ke dalam usus buntu.

Fecalith sendiri dapat terjadi akibat sembelit (susah buang air besar) yang telah berlangsung lama. Sembelit merupakan kondisi di mana feses mengeras akibat kandungan cairan yang kurang sehingga sulit dikeluarkan dan akhirnya terjebak di dalam saluran cerna. Pembentukan fecalith dapat dicegah dengan menghindari sembelit. Caranya yaitu dengan meningkatkan konsumsi serat dan banyak mengonsumsi cairan, terutama air putih.

Kadar serat dan konsumsi cairan akan membuat feses cukup lunak sehingga tidak akan mengeras dan terjebak di dalam usus buntu. Pola makan yang tinggi serat mampu mempercepat keluarnya feses sehingga tidak terjadi sembelit berkepanjangan. Sedangkan konsumsi banyak air tentunya akan membuat feses kaya akan kandungan cairan, sehingga menjadi lembek dan mudah dikeluarkan. Inilah mengapa kurang minum air bisa jadi salah satu penyebab usus buntu.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua fecalith bisa menjadi penyebab usus buntu. Begitu juga sebaliknya, tidak semua usus buntu disebabkan oleh fecalith atau kurang minum. Bila Anda merasakan gejala-gejala radang usus buntu, segera periksa ke dokter.

The post Hati-hati, Kurang Minum Bisa Sebabkan Radang Usus Buntu! appeared first on Hello Sehat.

Kenapa Pria Lebih Sering Ngorok Dibandingkan Wanita?

Dilansir dalam laman American Academy of Sleep Medicine, pria memang lebih sering mendengkur saat tidur dibandingkan dengan wanita. Sekitar 40 persen pria terbiasa tidur sambil mendengkur, sedangkan wanita yang terbiasa tidur sambil mendengkur hanya sebanyak 24 persen. Kenapa pria lebih sering ngorok? Berikut penjelasannya.

Sebenarnya apa itu ngorok dan kenapa bisa terjadi?

Ngorok adalah suara berisik dari pernapasan yang terjadi selama proses tidur. Orang akan mendengkur karena saluran udaranya menyempit ketika tidur. Saluran udara yang menyempit ini membuat hambatan di jalur yang menghubungkan mulut, hidung, dan paru-paru.

Semakin sempitnya saluran udara ini maka akan semakin besar dibutuhkannya tekanan untuk membangun aliran udara yang cukup. Semakin besarnya tekanan ini, maka suara ngorok pun akan semakin nyaring terdengar.

Seperti otot lainnya, ketika tidur otot di tenggorokan termasuk lidah juga akan mengendur. Lidah akan jatuh ke arah belakang dan tenggorokan menjadi sempit. Saat Anda bernapas selagi tidur, dinding tengggorokan yang sempit ini jadi bergetar.

Getaran ini menyebabkan suara napas yang khas, yaitu suara dengkuran yang Anda dengar. Semakin sempit jalan napasnya, maka akan semakin besar getaran dan semakin keras suara ngorok seseorang.

Lalu, kenapa pria lebih sering ngorok daripada wanita?

Menurut Jomvie Reyes PTRP, RN, MN, seorang Master of Nursing dan juga dosen di Davao Doctors College, ada dua faktor utama kenapa pria lebih sering ngorok, yaitu kondisi anatomi tubuh dan gaya hidup.

Secara anatomi

Pada dasarnya, secara fisik tubuh pria lebih menunjang terjadinya mendengkur. Laki-laki memiliki posisi kotak suara (laring) lebih rendah daripada perempuan sehingga ini membuat laki-laki memiliki lebih besar ruang terbuka di jalan napas. Ruang yang lebih besar ini membuat jalan napas menjadi semakin sempit. Suara ngorok pun akan muncul.

Selain itu, kondisi pita suara juga bisa memengaruhi. Pria memiliki pita suara yang lebih hidup, lebih dalam, dan lebih berat dari wanita. Kondisi ini membuat pria lebih berpotensi sering ngorok saat tidur.

Bentuk rahang juga bisa memengaruhi terjadinya ngorok. Bentuk rahang pria yang lebih menonjol jelas, sedangkan rahang wanita berbentuk lebih kecil dan tidak terlalu menonjol.

Gaya hidup

Ada beberapa kebiasaan yang lebih sering dilakukan oleh pria sehingga membuat lebih banyak pria yang ngorok saat tidur. Pria cenderung sering mengonsumsi alkohol. Alkohol ini bersifat mengendurkan otot-otot saluran pernapasan.

Pengenduran otot ini membuat saluran napas menjadi lebih tertutup dan aliran udara pun semakin sempit sehingga muncul suara dengkuran.

Pria juga memiliki kebiasaan merokok yang tinggi. Rokok bisa membuat iritasi jaringan di saluran pernapasan. Kondisi itu akan menimbulkan peningkatan produksi lendir. Peningkatan ini yang selanjutnya menambah penyempitan dan penyumbatan saluran napas.

penyakit akibat ngorok

Adakah faktor lain yang membuat orang semakin berpotensi mengalami ngorok?

  • Penggunaan obat penenang. Obat penenang bersifat mirip dengan alkohol, mengendurkan otot-otot saluran pernapasan.
  • Kelebihan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan biasanya memiliki ketebalan leher yang berlebihan. Kondisi ini akan semakin menambah tekanan di saluran napas.
  • Orang lanjut usia (lansia). Semakin tua usia maka Anda mungkin semakin sering ngorok. Ini karena kondisi otot di saluran pernapasan pun semakin mengendur akibat berbagai faktor.
  • Konsumsi obat. Mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi pada lorong pernapasan.
  • Kondisi kesehatan. Flu, adanya polip di hidung dan alergi juga bisa membuat orang mengalami ngorok saat tidur
  • Posisi tidur telentang. Tidur telentang membuat lidah dan daging di sekitar tenggorokan melonggar atau ditarik ke dalam sehingga menyumbat jalur udara. Hal ini menyebabkan suara bergetar saat Anda tidur. Posisi tidur miring bisa membantu Anda mengatasi ngorok.
  • Semakin besar ukuran uvula maka semakin menyempitkan saluran napas. Uvula adalah  jaringan kecil yang menggantung di langit-langit mulut yang selalu terlihat saat orang membuka mulut.

Bagaimana caranya untuk mengurangi kebiasaan ngorok?

  • Jika berat badan Anda berlebih, menurunkan berat badan merupakan cara yang tepat untuk berhenti ngorok.
  • Hindari minum-minuman yang mengandung alkohol sebelum tidur.
  • Berhenti merokok.
  • Tinggikan posisi kepala Anda dengan bantal saat tidur agar lidah Anda tidak menghalangi jalannya napas.
  • Tidur dengan posisi miring.

The post Kenapa Pria Lebih Sering Ngorok Dibandingkan Wanita? appeared first on Hello Sehat.

Kenapa Pria Lebih Sering Ngorok Dibandingkan Wanita?

Dilansir dalam laman American Academy of Sleep Medicine, pria memang lebih sering mendengkur saat tidur dibandingkan dengan wanita. Sekitar 40 persen pria terbiasa tidur sambil mendengkur, sedangkan wanita yang terbiasa tidur sambil mendengkur hanya sebanyak 24 persen. Kenapa pria lebih sering ngorok? Berikut penjelasannya.

Sebenarnya apa itu ngorok dan kenapa bisa terjadi?

Ngorok adalah suara berisik dari pernapasan yang terjadi selama proses tidur. Orang akan mendengkur karena saluran udaranya menyempit ketika tidur. Saluran udara yang menyempit ini membuat hambatan di jalur yang menghubungkan mulut, hidung, dan paru-paru.

Semakin sempitnya saluran udara ini maka akan semakin besar dibutuhkannya tekanan untuk membangun aliran udara yang cukup. Semakin besarnya tekanan ini, maka suara ngorok pun akan semakin nyaring terdengar.

Seperti otot lainnya, ketika tidur otot di tenggorokan termasuk lidah juga akan mengendur. Lidah akan jatuh ke arah belakang dan tenggorokan menjadi sempit. Saat Anda bernapas selagi tidur, dinding tengggorokan yang sempit ini jadi bergetar.

Getaran ini menyebabkan suara napas yang khas, yaitu suara dengkuran yang Anda dengar. Semakin sempit jalan napasnya, maka akan semakin besar getaran dan semakin keras suara ngorok seseorang.

Lalu, kenapa pria lebih sering ngorok daripada wanita?

Menurut Jomvie Reyes PTRP, RN, MN, seorang Master of Nursing dan juga dosen di Davao Doctors College, ada dua faktor utama kenapa pria lebih sering ngorok, yaitu kondisi anatomi tubuh dan gaya hidup.

Secara anatomi

Pada dasarnya, secara fisik tubuh pria lebih menunjang terjadinya mendengkur. Laki-laki memiliki posisi kotak suara (laring) lebih rendah daripada perempuan sehingga ini membuat laki-laki memiliki lebih besar ruang terbuka di jalan napas. Ruang yang lebih besar ini membuat jalan napas menjadi semakin sempit. Suara ngorok pun akan muncul.

Selain itu, kondisi pita suara juga bisa memengaruhi. Pria memiliki pita suara yang lebih hidup, lebih dalam, dan lebih berat dari wanita. Kondisi ini membuat pria lebih berpotensi sering ngorok saat tidur.

Bentuk rahang juga bisa memengaruhi terjadinya ngorok. Bentuk rahang pria yang lebih menonjol jelas, sedangkan rahang wanita berbentuk lebih kecil dan tidak terlalu menonjol.

Gaya hidup

Ada beberapa kebiasaan yang lebih sering dilakukan oleh pria sehingga membuat lebih banyak pria yang ngorok saat tidur. Pria cenderung sering mengonsumsi alkohol. Alkohol ini bersifat mengendurkan otot-otot saluran pernapasan.

Pengenduran otot ini membuat saluran napas menjadi lebih tertutup dan aliran udara pun semakin sempit sehingga muncul suara dengkuran.

Pria juga memiliki kebiasaan merokok yang tinggi. Rokok bisa membuat iritasi jaringan di saluran pernapasan. Kondisi itu akan menimbulkan peningkatan produksi lendir. Peningkatan ini yang selanjutnya menambah penyempitan dan penyumbatan saluran napas.

penyakit akibat ngorok

Adakah faktor lain yang membuat orang semakin berpotensi mengalami ngorok?

  • Penggunaan obat penenang. Obat penenang bersifat mirip dengan alkohol, mengendurkan otot-otot saluran pernapasan.
  • Kelebihan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan biasanya memiliki ketebalan leher yang berlebihan. Kondisi ini akan semakin menambah tekanan di saluran napas.
  • Orang lanjut usia (lansia). Semakin tua usia maka Anda mungkin semakin sering ngorok. Ini karena kondisi otot di saluran pernapasan pun semakin mengendur akibat berbagai faktor.
  • Konsumsi obat. Mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi pada lorong pernapasan.
  • Kondisi kesehatan. Flu, adanya polip di hidung dan alergi juga bisa membuat orang mengalami ngorok saat tidur
  • Posisi tidur telentang. Tidur telentang membuat lidah dan daging di sekitar tenggorokan melonggar atau ditarik ke dalam sehingga menyumbat jalur udara. Hal ini menyebabkan suara bergetar saat Anda tidur. Posisi tidur miring bisa membantu Anda mengatasi ngorok.
  • Semakin besar ukuran uvula maka semakin menyempitkan saluran napas. Uvula adalah  jaringan kecil yang menggantung di langit-langit mulut yang selalu terlihat saat orang membuka mulut.

Bagaimana caranya untuk mengurangi kebiasaan ngorok?

  • Jika berat badan Anda berlebih, menurunkan berat badan merupakan cara yang tepat untuk berhenti ngorok.
  • Hindari minum-minuman yang mengandung alkohol sebelum tidur.
  • Berhenti merokok.
  • Tinggikan posisi kepala Anda dengan bantal saat tidur agar lidah Anda tidak menghalangi jalannya napas.
  • Tidur dengan posisi miring.

The post Kenapa Pria Lebih Sering Ngorok Dibandingkan Wanita? appeared first on Hello Sehat.

Psst, Mencium Baju Pasangan Bisa Jadi Cara Mudah Redakan Stres

Sebuah penelitian psikologi terbaru dari University of British Columbia telah menemukan bahwa mencium aroma pasangan dapat membantu menurunkan tingkat stres. Temuan ini mendukung penelitian-penelitian sebelumnya yang telah menyimpulkan bahwa sistem indra penciuman tidak hanya berperan sebagai fungsi pembauan, tetapi juga memengaruhi gejala-gejala stres, dehidroepiandrosteron, estradiol, dopamin, sekresi sebum, dan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Untuk mengetahui apa kaitan antara mencium baju pasangan dan tingkat stres, baca terus ulasan berikut ini.

Apa benar mencium baju pasangan bisa meredakan stres?

Penelitian yang dipublikasikan pada 5 Januari 2018 di UBC menemukan bahwa wanita akan merasa lebih tenang setelah mencium aroma pasangannya. Sebaliknya, terpapar aroma orang asing meningkatkan rasa cemas dan menaikkan kadar hormon stres, yaitu kortisol.

Peneliti utama studi ini, Marlise Hofer, menjelaskan bahwa awalnya penelitian ini dilakukan dikarenakan banyak orang mengenakan baju pasangan mereka atau tidur di sisi tempat tidur pasangan mereka saat pasangan mereka pergi, tapi mungkin tidak menyadari mengapa mereka berperilaku seperti ini.

“Temuan kami menunjukkan bahwa aroma pasangan, bahkan tanpa kehadiran fisik mereka, bisa menjadi alat yang ampuh untuk membantu mengurangi stres,” tambahnya.

Untuk penelitian ini, para ahli merekrut 96 pasangan lawan jenis. Para pria diberikan kaus bersih untuk dipakai selama 24 jam, dan diminta untuk tidak menggunakan produk tubuh deodoran ataupun wangi-wangian, merokok, dan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat mempengaruhi aroma tubuh mereka. Kaus itu kemudian dibekukan untuk menyimpan aroma dari tiap orang.

Selanjutnya, para wanita secara acak diberi kesempatan untuk mencium berbagai kaus yang terdiri dari kaus yang belum terpakai ataupun kaus yang sudah dipakai oleh para pria, baik pasangan mereka atau orang asing. Mereka tidak diberi tahu yang mana yang telah mereka berikan. Selanjutnya, para wanita menjalani tes stres yang melibatkan wawancara kerja palsu, soal matematika, dan juga menjawab pertanyaan kuisioner mengenai tingkat stres mereka. Selain itu, tingkat stres juga diukur secara kuantitatif melalui kadar hormon kortisol yang didapat dari air liur. Para peneliti hanya meminta wanita untuk bertindak sebagai “pencium” karena mereka cenderung memiliki indra penciuman yang lebih baik daripada pria.

Mereka menemukan bahwa wanita yang telah mencium kaus pasangan mereka merasa kurang stres sebelum dan sesudah tes. Sebagai tambahan, mereka yang dapat mengidentifikasi dengan benar aroma tersebut ditemukan memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah. Sementara itu, wanita yang mencium aroma orang asing memiliki kadar kortisol lebih tinggi selama tes stres.

Kenapa mencium baju pasangan bisa mengurangi stres?

Para peneliti menduga bahwa faktor evolusioner dapat memengaruhi mengapa aroma tubuh orang asing memengaruhi tingkat hormon kortisol. “Dari usia muda, manusia cenderung takut pada orang asing, terutama terhadap pria, sehingga mungkin saja aroma laki-laki asing dapat memicu respons fight or flight yang menyebabkan kortisol meningkat,” kata Hofer. “Ini bisa terjadi tanpa kita sadari sepenuhnya.”

Frances Chen, peneliti senior dan asisten profesor di jurusan psikologi UBC, mengatakan bahwa hasil temuan tersebut, yaitu mencium baju pasangan, bisa diterapkan untuk membantu orang mengatasi situasi stres saat mereka jauh dari orang yang dicintai, terutama pada area globalisasi ini di mana semakin banyak orang yang diharuskan berpergian ataupun berpindah-pindah kota.

The post Psst, Mencium Baju Pasangan Bisa Jadi Cara Mudah Redakan Stres appeared first on Hello Sehat.

Psst, Mencium Baju Pasangan Bisa Jadi Cara Mudah Redakan Stres

Sebuah penelitian psikologi terbaru dari University of British Columbia telah menemukan bahwa mencium aroma pasangan dapat membantu menurunkan tingkat stres. Temuan ini mendukung penelitian-penelitian sebelumnya yang telah menyimpulkan bahwa sistem indra penciuman tidak hanya berperan sebagai fungsi pembauan, tetapi juga memengaruhi gejala-gejala stres, dehidroepiandrosteron, estradiol, dopamin, sekresi sebum, dan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Untuk mengetahui apa kaitan antara mencium baju pasangan dan tingkat stres, baca terus ulasan berikut ini.

Apa benar mencium baju pasangan bisa meredakan stres?

Penelitian yang dipublikasikan pada 5 Januari 2018 di UBC menemukan bahwa wanita akan merasa lebih tenang setelah mencium aroma pasangannya. Sebaliknya, terpapar aroma orang asing meningkatkan rasa cemas dan menaikkan kadar hormon stres, yaitu kortisol.

Peneliti utama studi ini, Marlise Hofer, menjelaskan bahwa awalnya penelitian ini dilakukan dikarenakan banyak orang mengenakan baju pasangan mereka atau tidur di sisi tempat tidur pasangan mereka saat pasangan mereka pergi, tapi mungkin tidak menyadari mengapa mereka berperilaku seperti ini.

“Temuan kami menunjukkan bahwa aroma pasangan, bahkan tanpa kehadiran fisik mereka, bisa menjadi alat yang ampuh untuk membantu mengurangi stres,” tambahnya.

Untuk penelitian ini, para ahli merekrut 96 pasangan lawan jenis. Para pria diberikan kaus bersih untuk dipakai selama 24 jam, dan diminta untuk tidak menggunakan produk tubuh deodoran ataupun wangi-wangian, merokok, dan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat mempengaruhi aroma tubuh mereka. Kaus itu kemudian dibekukan untuk menyimpan aroma dari tiap orang.

Selanjutnya, para wanita secara acak diberi kesempatan untuk mencium berbagai kaus yang terdiri dari kaus yang belum terpakai ataupun kaus yang sudah dipakai oleh para pria, baik pasangan mereka atau orang asing. Mereka tidak diberi tahu yang mana yang telah mereka berikan. Selanjutnya, para wanita menjalani tes stres yang melibatkan wawancara kerja palsu, soal matematika, dan juga menjawab pertanyaan kuisioner mengenai tingkat stres mereka. Selain itu, tingkat stres juga diukur secara kuantitatif melalui kadar hormon kortisol yang didapat dari air liur. Para peneliti hanya meminta wanita untuk bertindak sebagai “pencium” karena mereka cenderung memiliki indra penciuman yang lebih baik daripada pria.

Mereka menemukan bahwa wanita yang telah mencium kaus pasangan mereka merasa kurang stres sebelum dan sesudah tes. Sebagai tambahan, mereka yang dapat mengidentifikasi dengan benar aroma tersebut ditemukan memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah. Sementara itu, wanita yang mencium aroma orang asing memiliki kadar kortisol lebih tinggi selama tes stres.

Kenapa mencium baju pasangan bisa mengurangi stres?

Para peneliti menduga bahwa faktor evolusioner dapat memengaruhi mengapa aroma tubuh orang asing memengaruhi tingkat hormon kortisol. “Dari usia muda, manusia cenderung takut pada orang asing, terutama terhadap pria, sehingga mungkin saja aroma laki-laki asing dapat memicu respons fight or flight yang menyebabkan kortisol meningkat,” kata Hofer. “Ini bisa terjadi tanpa kita sadari sepenuhnya.”

Frances Chen, peneliti senior dan asisten profesor di jurusan psikologi UBC, mengatakan bahwa hasil temuan tersebut, yaitu mencium baju pasangan, bisa diterapkan untuk membantu orang mengatasi situasi stres saat mereka jauh dari orang yang dicintai, terutama pada area globalisasi ini di mana semakin banyak orang yang diharuskan berpergian ataupun berpindah-pindah kota.

The post Psst, Mencium Baju Pasangan Bisa Jadi Cara Mudah Redakan Stres appeared first on Hello Sehat.