Saat Buang Air Besar Terasa Sakit Dan Berdarah

Kondisi abnormal dengan gejala sakit pada saat buang air besar dan berdarah merupkan penyakit yang tidak bisa di anggap sepele. Kondisi tersebut apabila di biarkan berlarut – larut tanpa mendapat pengobatan, tidak menutup kemungkinan kondisinya dapat bertambah fatal. Yang mana kondisi tersebut merupakan salah satu gejala dari penyakit wasir atau ambeien.

Penyakit saat buang air besar terasa sakit dan berdarah

Munculnya rasa sakit pada saat buang besar disebabkan oleh adanya pembengkakan pada pembuluh darah yang membesar, dan hal itu pulalah yang menyebabkan BAB berdarah. Selain gejala tersebut, wasir juga dapat mengakibatkan susah atau keras saat buang air besar, adanya lendir, keluar darah segar, dll. Pada beberapa kasus ada yang mengalami kondisi tersebut tanpa rasa sakit walau sebagian besar merasakan sakit pada anus ketika BAB. Untuk info lengkap mengni wasir dan pengobatannya, silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Wasir, Ambeien atau Ambeyen

Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid. Struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Pada kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Penyakit saat buang air besar terasa sakit dan berdarah

Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Wasir

pengertian wasir

Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai “wasir” dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan. Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui. Sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.Saat buang air besar terasa sakit dan berdarah

Perawatan awal untuk penyakit yang ringan hingga sedang meliputi peningkatan konsumsi serat, cairan oral untuk menjaga hidrasi, NSAID untuk membantu mengatasi nyeri, dan istirahat. Beberapa prosedur kecil dapat dilakukan jika gejalanya parah atau tidak membaik dengan penanganan konservatif.

Pembedahan dibatasi hanya untuk pasien yang tidak membaik setelah berbagai tindakan tersebut dilakukan. Setengah dari seluruh populasi dapat mengalami wasir suatu saat di dalam hidupnya. Hasil akhirnya biasanya baik.

Beberapa Penyebab Penyakit Wasir

Penyebab Wasir sebenarnya masih tidak jelas. Tapi, penyakit ini dihubungkan dengan adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya.

Peningkatan tekanan darah di area anus dan rektum bisa disebabkan karena terlalu lama mengejan saat buang air besar. Konstipasi jadi penyebab utama dari orang mengejan. Konstipasi yang terjadi biasanya akibat dari kekurangan nutrisi serat di dalam makanan.

penyebab wasir

Beberapa hal yang meningkatkan risiko Anda terkena hemoroid:

  • Sering mengangkat benda berat secara rutin.
  • Usia semakin tua, yang membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah.
  • Batuk terus menerus atau sering muntah.
  • Kelebihan berat badan.
  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid.
  • Sering duduk dalam waktu lama.
  • Sedang hamil. Penyakit saat buang air besar terasa sakit dan berdarah
  • Sering melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse).

Beberapa Tanda Dan Gejala Wasir

Gejala yang muncul akibat wasir, ambeien, ambeyen atau hemoroid pada umumnya ringan. Gejalanya bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Beberapa orang bahkan tidak menyadari mereka menderita hemoroid karena mereka tidak mengalami gejala sama sekali.

Gejala yang sering kali muncul adalah:

  • Terjadi pendarahan setelah buang air besar tanpa rasa nyeri. Warna darah merah terang.
  • Benjolan tergantung di luar anus yang terasa nyeri dan sensitif. Benjolan ini biasanya didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Kotoran keluar dengan sendirinya melalui anus.
  • Mengalami gatal-gatal atau iritasi, sakit, merah dan bengkak di sekitar anus.
  • Keluar lendir setelah buang air besar.

Penyakit saat buang air besar terasa sakit dan berdarah

Jenis Wasir Internal

Wasir internal adalah pembengkakan kecil pada pembuluh darah yang ada di bagian atas kanal anus, atau di dinding dalam rektum. Di bagian ini saraf untuk rangsang nyeri sedikit, sehingga penderita hemoroid biasanya tidak menyadari. Tapi bisa juga pembuluh yang membengkak besar hingga menonjol keluar dari anus. Jika sampai keluar dari anus dan ditekan otot kanal anus, kondisi ini bisa sangat menyakitkan. Terlebih lagi, jika aliran darah menuju hemoroid terhenti.

wasir internal eksternal

Jenis Wasir Eksternal

Wasir eksternal adalah wasir yang muncul di bagian bawah kanal anus, dekat lubang anus. Di area ini, saraf untuk rangsang nyeri cukup banyak. Wasir ini terasa gatal dan juga bisa berdarah dan menggumpal di bawah kulit. Ini menimbulkan benjolan yang keras dan menyakitkan.

Tingkatan atau Stadium Wasir

Wasir bisa digolongkan pada ukuran dan tingkat keparahannya:

stadium wasir

Penyakit saat buang air besar terasa sakit dan berdarah

Stadium 1 : pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus.

Stadium 2 : pembengkakan lebih besar yang keluar dari anus saat Anda buang air besar dan masuk kembali dengan sendiri saat sudah selesai buang air.

Stadium 3 : satu atau lebih benjolan kecil yang menggantung dari anus dan bisa didorong untuk masuk kembali.

Stadium 4 : benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa didorong kembali.

Cara Mencegah Wasir atau Pencegahan Wasir

Sebelum mengalami wasir sebaiknya anda melakukan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari terjadinya wasir yang dapat menimbulkan gejala yang menyakitkan yang ditimbulkan oleh wsir tersebut. Pencegahan yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit ambeien ini sangatlah mudah. Untuk mencegah terjadinya wasir tersebut langkah terpenting yang dapat dilakukan adalah menghindari faktor penyebab wasir itu sendiri. Yang dapat dilakukan dengan cara :

1. Menerapkan pola gaya hidup sehat. Sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat mulai dari diri anda, kebersihan lingkungan tempat tinggal anda dsb.

2. Olah raga secara teratur. Olahraga sangat penting sekali bagi perbaiki sistem kerja organ tubuh, agar selalu terlihat fit dan segar, dengan olahraga teratur dan rutin dapat membantu anda menangkal radikal bebas dan membuat tubuh anda jauh dari penyakit. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan, kondisi kesehatan dan usia anda, lakukan minimal 2-3 kali seminggu.

3. Konsumsi makan-makanan yang banyak mengandung serat, dan vitamin. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat membantu proses pencernaan dalam mengurai makanan. Lengkapi kebutuhan sumber energi anda melalui serat, vitamin, lemak, mineral dan lainnya.

4. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc / toilet. Jika anda dalam keseharian bekerja dihabiskan dengan duduk, jangan lupa sering-sering minum air putih dan beranjak sejenak dari tempat duduk anda untuk melenturkan dan meluruskan otot-otot pinggang, pungung, otak dan mata anda. Bila anda hendak buang air besar jangan terlalu memaksakan dan jangan terlalu lama mengejan atau mengeden karena hanya akan membuat anus anda merasa tertekan.

5. Jangan merokok. Jika anda seorang perokok hendaknya mulai dari sekarang mengurangi bila perlu hilangkan kebiasaan merokok. Rokok tidak hanya menyebabkan wasir itu muncul namun akan mengundang penyakit lainnya seperti kanker paru-paru, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya.

6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar. Usahakan jangan melakukan hubungan seksual melalui anus karena hanya akan menimbulkan adanya penyakit wasir, apalagi bila anda memang memiliki wasir hanya akan memperparah kondisi pada wasir anda. Penyakit saat buang air besar terasa sakit dan berdarah

7. Minum air yang cukup. Konsumsi air putih minimal 8-10 gelas perhari atau sama dengan 1,5-2 liter/hari. Air putih baik untuk menangkal radikal bebas, membantu proses pencernaan makanan, membunuh racun dari makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari, memberi vitamin pada kulit, dan membantu melebur berbagai penyakit.

8. Jangan menahan buang air besar atau kecil. Sering menahan buang air kecil atau buang air besar akan menyebabkan adanya gangguan pada kesehatan semisal : sering menahan buang air kecil dapat menyebabkan gejala batu ginjal/batu urin, gangguan saluran kemih, wasir dan penyakit lainnya.

9. Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan. Suka menggaruk anus/dubur dikarenakan karena kebiasaan buruk yang kurang memperhatikan kebersihan organ intim dan saluran pembuangan. Suka menggaruk anus/dubur akan membuat anus terluka.

10. Jangan mengejan / mengeden / ngeden berlebihan. Jika anda hendak buang air besar tetapi sulit mungkin karena feses anda terlalu keras, jangan memaksa untuk mengejan atau mengeden. Karena akan menimbulkan awal mulanya gejala wasir. Bagi wanita yang pernah melahirkan secara normal juga memiliki kemungkinan terkena wasir.

 Pencegahan ambeien yang efektif adalah dengan mencegah konstipasi.
  • Bila Anda kesulitan buang air besar, cobalah posisi jongkok yang lebih alamiah dan memudahkan keluarnya kotoran.
  • Gunakan suplemen serat. Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup dari jumlah serat yang disarankan (20-35gram per hari) dalam diet mereka. Maka penggunaan suplemen serat ini dapat membantu pemenuhan kebututhan serat. Jika Anda menggunakan suplemen serat, pastikan untuk minum setidaknya delapan gelas air atau cairan lainnya setiap hari. Jika tidak, suplemen dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit membuat lebih buruk.
  • Jangan tegang. Tegang dan menahan napas ketika mencoba untuk melewati bangku menciptakan tekanan yang lebih besar dalam pembuluh darah di rektum yang lebih rendah.

Penyakit saat buang air besar terasa sakit dan berdarah

Beberapa Jenis Pengobatan Wasir

Wasir umumnya dapat ditangani dengan cara :

1.Mengubah pola hidup antara lain:

  • Banyak minum, 6 – 8 gelas (2 liter) sehari
  • Banyak konsumsi serat yaitu sayur dan buah-buahan
  • Jangan terlalu mengedan saat BAB
  • Jangan duduk/berdiri terlalu lama

2.Mengkonsumsi obat-obatan, antara lain:

  • Untuk menghilangkan rasa nyeri
  • Obat pencahar untuk atasi sembelit
  • Zalf atau pil anus (supositoria) untuk mengurangi iritasi
  • Antibiotik bila ada tanda infeksi

Tindakan khusus:

  • Terapi koagulasi: suntik dengan sclerosing agen, laser
  • Mengikat dengan pita karet khusus
  • Operasi (hemoroidektomi) dilaksanakan bila metode pengobatan lain tak berhasil.

Pengobatan Wasir Dengan Bahan Alami atau Obat Wasir Dari Bahan Alami Tradisional

Tak ada penyakit yang di deritanya, yang tak sembuh, jika di lakukan penanganan yang tepat. sama halnya dengan penyakit wir, ambeien, ambeyen yang bisa di obati dengan bahan alamai berikut ini :

Daun sosor bebek

Mengapa daun ini di namakan sosor bebek ?, karena sangat mirip sekali daunnya pada hewan bebek yang terletak pada paruhnya. Daun ini memiliki bentuk yang panjang. saponin, flavonoid dan tanin merupakan kandungan yang terdapat pada daun sosor bebek. Cara mengolahnya kalian bisa gunakan langkah seperti berikut :

  • Daun sosor bebek yang sudah di siapkan, jangan lupa di bersihkan.
  • Kemudian rebus dengan air dan tunggu hingga mengeluarkan gelembungan yang menandakan bahwa sudah matang.
  • Saring dan di diamkan hingga hangat.
  • Jika sudah minumlah yang rajin, agar penyakit yang di alami dapat cepat sembuh.

Daun pegagan

Daun pegagan ini, bisa kalian temukan di tukang tanaman dan sebaiknya Anda memelihara saja, karena tanaman ini termasuk bagian dari bahan yang paling mujarab dan sering di gunakan untuk penyembuhan penyakit. Salah satunya adalah Obat Wasir Alami yang memakai dan pegagan. Cara mengolahnya sangat mudah sekali, tinggal kalian rebus yang sudah di cuci. Angkat dan saring, bila sudah matang. Minumlah bila air ramuan telah matang dan pergunakan tiap hari, agar cepat hilang benjolan yang mengakibatkan wasir terjadi. Penyakit saat buang air besar terasa sakit dan berdarah

Daun ungu

Memang masih banyak yang tidak tahu, akan daun ungu ini. dan kalian bisa memanfaatkan untuk Obat Wasir Alami. Minumlah air rebusan daun ungu yang rutin, maka akan sembuh dengan singkat penyakit wasirnya.

Sari cuka apel

Cuka apel yang bisa kalian temukan di toko herbal dengan harga terjangkau, banyak sekali manfaat yang bisa kalian pakai. Salah satunya untuk Obat Wasir Alami dengan sari cuka apel. Cara mengolahnya sangat mudah dan gampang sekali, yang bisa mengikuti langkah langkah berikut.

  • Ambillah kapas dan rendam dengan cuka apel.
  • Baru di balurkan pada daerah wasir yang tujuannya untuk menghilangkan rasa gatal dan iritasi.
  • Cara ini mudah sekali di jalani oleh siapa pun dan sama sekali tidak menimbulkan efek samping.
  • Selain itu cuka apel ini juga berfungsi sebagai obat maag.

Kantong teh hitam

Kantong teh yang sering kali di pergunakan untuk menghilangkan kantung matang hitam, tapi juga berfungsi untuk hal lain. Cara ini terbilang jarang di lakukan, tapi bila sudah mencobanya dengan rutin, maka akan ketagihan. Obat Wasir Alami juga bisa dengan kantung teh hitam, bisa mengikuti langkah berikut. Pertama seduh lah kantung teh hitam dan tunggu hingga hangat. baru basuh dengan kantung teh yang cara ini harus di lakukan dengan tiap hari.

Minyak almond

Kandungan yang dimiliki minyak almond adalah vitamin itu salah satunya. Dan kita bisa menemukannya di toko herbal dengan harga yang terjangkau. Dari mulai usia muda hingga dewasa bisa menggunakan minyak almond. Minyak yang terbuat dari kacang almond dan sudah di fermentasikan dengan alat yang canggih. Obat Wasir Alami juga bisa menggunakan minyak almond, cara memakainya sangat mudah yang tidak perlu waktu tambahan lain.

  • Sediakan kapas yang sudah di gulung dan basahi dengan minyak almond.
  • Peperkan ke bagian anus yang terdapat benjolan. Penyakit saat buang air besar terasa sakit dan berdarah
  • Bila cara ini di lakukan dengan cara berulang ulang, maka hasilnya akan lebih cepat.
  • Sama sekali tidak berefek buruk dan aman di pergunakan dalam waktu yang panjang.
  • Selain itu, minyak almond ini bisa juga untuk kecantikan.

Semoga info dari kami ( www.obat-wasir.xyz ) bisa bermanfaat untuk semuanya terutama untuk yang sedang mencari informasi terkait.