Instagram Uji Coba Fitur Notifikasi Terhadap Screenshoot di Story

Tanda Screenshoot di Instagram Story[Sumber: Pixabay]

Teknojurnal – Saat ini, beberapa pengguna Instagram sudah dapat mengetahui siapa saja orang yang telah melakukan screenshoot di layar Instagram Story.

Hadir sebagai platform media sosial berbasis gambar, Instagram selalu meningkatkan fitur-fiturnya untuk meningkatkan pengalaman penggunanya.

Yang cukup baru, platform media sosial yang berada di bawah pengembangan perusahaan Facebook Inc ini sedang melakukan pengujian terhadap fitur baru.

Fitur baru tersebut memungkinkan pengguna dapat mengetahui jika ada seseorang yang mengambil screenshot dari cerita yang dibagikannya melalui Instagram Story.

Setelah menghadirkan fitur notifikasi untuk pengguna saat seseorang mengambil screenshot di Direct Message, beberapa pengguna Instagram kali ini telah memperoleh sebuah peringatan yang menunjukkan bahwa lain kali mereka mengambil screenshot ataupun merekam layar dari Instagram Story pengguna lain, maka orang tersebut akan dapat mengetahuinya.

Pesan peringatan tersebut baru muncul untuk beberapa pengguna Instagram yang masuk ke dalam peserta tahap uji coba fitur baru, yang akan menandai orang saat mengambil tangkapan layar berupa gambar maupun video di Instagram Story.

Beberapa pengguna yang termasuk ke dalam peserta pengujian kali ini juga akan dapat melihat tanda shutter kamera pada beberapa orang yang melihat story yang dibagikannya. Tanda shutter tersebut akan muncul pada daftar pengguna yang melakukan screenshot atau merekam layar story yang dibagikan.

Perlu digarisbawahi, berbeda dengan notifikasi pengambilan screenshot di Direct Message, pengguna tidak akan memperoleh notifikasi khusus saat pengguna lain mengambil screenshot atau merekam layar Instagram Story miliknya.

Pengguna hanya akan melihat sebuah tanda khusus untuk pengguna yang melakukan pengambilan screenshot. Pengguna yang masuk ke dalam peserta pengujian hanya dapat melihatnya melalui tanda shutter kamera pada daftar orang-orang yang melihat story, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

TechCrunch memprediksi bahwa pengujian fitur baru ini digunakan oleh Instagram untuk melihat apakah fitur tersebut memiliki dampak nyata pada keterlibatan pengguna, sebelum memutuskan apakah mereka akan meluncurkannya ke semua pengguna atau tidak.

Hal tersebut termasuk dalam melihat kemungkinan pengguna untuk mengurangi atau berhenti melihat story orang lain, jika pengguna tersebut tidak dapat mengambil screenshot tanpa diketahui oleh pembuatnya.

Pengujian memang selalu dilakukan oleh Instagram terhadap fitur baru untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para penggunanya. Jika fitur berdampak bagus, maka kemungkinan besar Instagram akan merilisnya untuk semua pengguna.

[Sumber: TechCrunch]

The post Instagram Uji Coba Fitur Notifikasi Terhadap Screenshoot di Story appeared first on TeknoJurnal.