Microsoft Merilis Intune API Secara Global

API Intune di Microsoft Graph Header[Sumber: Pixabay]

Teknojurnal – Microsoft telah mengumumkan ketersediaan API Intune secara umum untuk para developer yang mengembangkan aplikasi menggunakan layanan Microsoft Azure.

API Intune telah lama dikenalkan oleh Microsoft melalui versi pratinjau yang dapat diakses melalui Microsoft Graph. Antarmuka pemrograman aplikasi ini merupakan antarmuka yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan dan membuat beban kerja berjalan secara otomatis, meningkatkan efisiensi pengelolaan perangkat, serta mengakses data EMS (Enterprise Mobility + Security) dan Office 365 (melalui Microsoft Graph) secara terprogram.

Secara khusus, Microsoft Graph merupakan salah satu layanan dari Microsoft yang memungkinkan developer ataupun pakar IT untuk mengakses semua layanan pemrograman dalam satu tempat. Ada banyak layanan API yang dapat diakses melalui layanan ini, termasuk di dalamnya adalah Microsoft Office 365, Azure Active Directory (AD), Identity, dan banyak lagi API terprogram lainnya.

Menurut Microsoft dalam blog-nya, Microsoft Graph dapat digunakan untuk menghubungkan data yang mendorong produktivitas, seperti surat, kalender, kontak, dokumen, direktori, perangkat, dan lainnya. Hal ini berfungsi sebagai satu antarmuka dimana layanan cloud Microsoft dapat dicapai melalui set API REST.

Menjadi bagian dari Microsoft Enterprise Mobility + Security product, API Intune juga dapat diakses melalui layanan Microsoft Graph tersebut. Layanan antarmuka pemrograman ini juga dapat digunakan dalam manajemen aplikasi dan perangkat seluler.

Hal ini memungkinkan pengembang dan perusahaan untuk mengelola dan melindungi data perusahaan sambil tetap memberikan akses karyawan ke aplikasi dan layanan Microsoft.

Dengan menggunakan API Intune di Microsoft Graph, pengguna dapat mengakses informasi yang tersedia melalui Azure Portal, baik digunakan untuk pelaporan maupun operasional.

Jan Egil Ring selaku Lead Architect at Crayon dalam sebuah pernyataannya menyatakan bahwa alat tersebut merupakan aset yang tak ternilai harganya dalam toolbelt-nya untuk mengotomatisasi proses bisnis seperti pengguna dan offboarding pada penyewa pelanggan Crayon.

Jan juga menambahkan bahwa API Intune dikombinasikan dengan Azure Automation sangat membantu perusahaannya dalam menjaga persediaan tetap rapi, dan memberikan informasi terkini dan relevan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Microsoft Graph dan API Intune, pembaca dapat mengaksesnya melalui laman blog resmi dari Microsoft.

[Sumber: ProgrammableWeb]

The post Microsoft Merilis Intune API Secara Global appeared first on TeknoJurnal.