UP – Ketahui Batas Aman Diameter Ganti pelek Mobil Sebelum Membeli Yang Lebih Besar

Pelek Mobil seringkali dilakukan pergantian untuk membuat tampilan seperti keinginan pemiliknya. Hal tersebut bertujuan supaya tampilan lebih keren dan mengikuti jaman. Hal tersebut tidak masalah, namun dalam melakukan pergantian sebaiknya mengikuti aturan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun banyak sekali pemilik Mobil yang tidak menghiraukan aturan serta batasan ketika melakukan pergantian. Padahal terdapat batas aman diameter ganti pelek Mobil yang perlu diterapkan.

Jadi untuk melakukan pergantian pelek Mobil diperbolehkan seperti produk aftermarket yang memiliki ring atau diameter lebih besar. Akan tetapi terdapat persyaratan yang harus dipatuhi, yakni untuk ukuran diameternya hanya boleh naik 2 inci saja dengan perbandingan pelek standar.

Adapun persyaratan yang diberikan tersebut sebetulnya sangat bermanfaat. Karena dengan ada batasan tersebut bertujuan menjaga kondisi as Mobil serta bearing as tetap awet dan tahan lama. Jadi apabila memaksakan ingin menggantinya dengan diameter yang besar tanpa mengikuti aturan bisa membuat putaran as roda menjadi berat. Selain itu beban yang ditanggung bearing juga tinggi.

gambar menunjukkan sebuah mobil berwarna hitam sedang ada di dalam garasi mobil

Mengganti Pelek Harus Mengetahui Batas Diameter Standar

Masalah tersebut seperti ukuran pelek sebenarnya sudah terdapat rumus dari semua mekanik di Tanah Air. Tujuan lain dengan adanya batasan besar pelek Mobil adalah faktor keselamatan pengendara sendiri.

Apabila menggunakan pelek Mobil yang ukuran diameternya lebih besar tentunya akan memiliki langkah yang lebih jauh dan juga cepat. Namun masalahnya putaran yang terjadi tersebut kadang tidak terkontrol oleh sistem pengereman. Hal tersebut dikarenakan sistem pengereman telah dirancang sedemikian rupa untuk pelek standar buka pelek aftermarket dengan diameter yang lebih besar.

>>> Baca juga: WASPADA, INI PENYEBAB MESIN MOBIL CEPAT PANAS

Selain itu juga melihat dari segi keselamatan serta menjaga agar kondisi ban Mobil tetap awet. Jadi apabila menggunakan pelek Mobil dengan diameter yang lebih besar dari standar dan melebihi 2 inci, maka ketika suspensi berayun berakibat ban mentok pada bagian fender.

Terdapatnya batas aman diameter ganti pelek Mobil diharapkan supaya pengendara dapat selamat dalam perjalanan. Selain itu kondisi Mobil juga terjaga terutama pada bagian bearing as dan komponen lainnya. tidak hanya itu, tampilan Mobil juga akan terlihat rapi dengan batasan yang direkomendasikan.

gambar menunjukkan sebuah mobil berwarna merah sedang diparkir di garasi dan bisa dilihat ban mobilnya dari belakang

Pelek mobil dengan ukuran yang lebih besar akan terlihat menonjol keluar

Seperti yang sering terjadi, apabila pelek Mobil terlalu besar maka akan berakibat tampilannya offset. Maksudnya pelek Mobil lebih menonjol dari bodi Mobil. Seperti misalnya yang direkomendasikan, Mobil dengan pelek standar menggunakan ring 15, jika ingin mengupdate menjadi lebih besar bisa memilih ring 16 ataupun 17.

Sebagai tambahan informasi, offset pada pelek Mobil adalah ukuran tonjolan yang dihasilkan di mana dilakukan pengukuran dari tengah menuju ke luar dan dalam. Selain itu Anda juga bisa melihat angka yang biasanya terdapat pada pelek bagian dalam.

>>> Mungkin Anda tertarik, DAFTAR HARGA HONDA PADA TAHUN 2018

Jadi penjelasannya begini, semakin kecil angka yang tertera maka akan semakin celong penampang tengah menuju  ke dalam serta bibir pelek melebar. Namun jika pelek Mobil yang akan dipasang terlalu kecil, Anda bisa mengakalinya dengan memasang spacer supaya tidak mentok pada komponen shockbreaker.

Setelah mengetahui batas aman ganti pelek Mobil, tentunya pemilik harus lebih mementingkan keselamatan dan juga tampilannya. Jangan menuruti ego sendiri tapi keselamatan terbengkalai. Padahal rekomendasi yang diberikan oleh mekanik ataupun pihak pabrikan Mobil, pada umumnya adalah yang terbaik bagi kondisi Mobil dan keselamatan pengendara serta penumpangnya. Pelek Mobil sendiri dapat menjadikan tampilan Mobil menjadi lebih keren jika dalam kondisi bersih. Jadi jangan lupa pula untuk melakukan pencucian pada bagian tersebut.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya!

Source From: http://hargamobil.com/tips-trik-mobil/ketahui-batas-aman-diameter-ganti-pelek-mobil-sebelum-membeli-yang-lebih-besar-aid202

The post UP – Ketahui Batas Aman Diameter Ganti pelek Mobil Sebelum Membeli Yang Lebih Besar appeared first on UP Station.